UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK TIM SUKSES KEPALA DESA TERPILIH Studi pada Tim Sukses Kepala Desa Terpilih Sumbersuko Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang

Santoso, Eko (2014) STRATEGI KOMUNIKASI POLITIK TIM SUKSES KEPALA DESA TERPILIH Studi pada Tim Sukses Kepala Desa Terpilih Sumbersuko Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekosantoso-36428-1-pendahul-n.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekosantoso-36428-2-babi.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas fenomena yang terjadi pada masyarakat desa terutama pada saat Tim Sukses calon Kepala Desa terpilih melakukan berbagai macam aksi untuk mengiklankan serta mengajak masyarakat untuk memilih calon yang diusungnya. Oleh sebab itu peneliti tertarik untuk mengkaji bagaimana strategi komunikasi politik yang digunakan oleh tim sukses kepala desa sumbersuko Tajinan Malang dalam membangun citra positif calon yang kepala Desa.Strategi Komunikasi adalah suatu rancangan yang di buat untuk mengubah tingkah laku manusia dalam skala yang lebih besar melalui transfer ide-ide baru dalam hal ini tim sukses kepala desa terpilih berupaya untuk membuat berbagai macam kegiatan politik serta ide-ide politik untuk memenangkan pemilihan kepala desa.Selain itu adanya pengaplikasian dari strategi tersebut juga membina hubungan baik antara tim sukses dengan warga calon pemilih, sehingga dengan adanya hubungan yang baik maka akan terciptanya hubungan mutualisme antara calon kepala desa dengan masyarakat pemilih. Penelitian ini menggunakan Metode Deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi serta dokumentasi. Adapun informan dalam penelitian ini adalah tim sukses kepala desa yang ditentukan melalui teknik purposif sampling. Untuk uji keabsahan data peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Ditemukan bahwa peneliti menggunakan jenis triangulasi Metode, dimana peneliti telah membandingkan data yang diperoleh dari informan dan membandingkan hasil observasi dengan hasil wawancara. Kemudian hasil yang diperoleh oleh peneliti baik melalui observasi, wawancara,ataupun dokumentasi adalah tim sukses calon kepala desa terpilih Ali shodikin menggunakan strategi komunikasi politik melalui media, melakukan perekrutan anggota tim sukses yang handal dan solid,melakukan beberapa aksi politik seperti, mengadakan rapat dan evaluasi secara rutin, membagikan rokok secara gratis, datang langsung kerumah para warga desa (door to door), membantu pembangunan sarana umum, melakukan kegiatan sosial dan mendukung kegiatan warga yang bersifat positif, melakukan penyusupan, melakukan pendekatan terhadap tokoh masyarakat, memonitoring secara rutin serta mendata jumlah suara sementara.Terdapat tiga macam strategi komunikasi yaitu Pull (membujuk)upaya publikasi dan pelayanan prima dalam kegiatan pemasaran yang diupayakan dapat mendapatkan simpati serta suara masyarakat, push strategy (merangsang)upaya yang diharapkan mampu menimbulkan rangsangan kepada khalayak, serta pass (mempengaruhi opini)upaya yang dilakukan untuk mempengaruhi dan membujuk serta menciptakan opini publik yang menguntungkan dalam perolehan jumlah suara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Apr 2016 04:23
Last Modified: 08 Apr 2016 04:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25594

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo