UMM Institutional Repository

PERSEPSI FOLLOWER TENTANG KOMUNITAS PENGGEMAR WARGAME AIRSOFT MALANG (Studi pada Follower Akun @Airsoft_Malang)

Waskita, Angga (2014) PERSEPSI FOLLOWER TENTANG KOMUNITAS PENGGEMAR WARGAME AIRSOFT MALANG (Studi pada Follower Akun @Airsoft_Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggawaski-36456-1-pendahul-n.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggawaski-36456-2-babi.pdf

Download (278kB) | Preview

Abstract

Airsoftgun merupakan replika 1;1 dari senjata yang ada di dunia,airsoftgun murni diciptakan untuk memuaskan hasrat untuk menggunakan senjata,namun masih dalam koridor yang aman dan airsoftgun bukanlah alat bela diri. Di kota Malang sendiri, permainan wargame menggunakan airsoftgun sudah populer sejak tahun 2007, dan berangkat dari ketertarikan dan bermaksud menyatukan semua penggemar wargame di seputaran Malang raya, maka pada tanggal 9 September 2009, dibentuklah komunitas yang di harapkan menjadi wadah bagi penggemar Wargame yang bernama MARCOMM. MARCOMM sendiri adalah kependekan dari Malang Airsoftgun Combine Community. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana persepsi follower Akun @Airsoft_Malang tentang Komunitas Airsoft Malang? Sedangkan Tujuanmua adalah untuk mengetahui persepsi follower Akun @Airsoft_Malang tentang komunitas Airsoftgun Malang. Teori yang digunakan dalam menjelaskan persepsi adalah teori dari Purwodarminto (1990: 759), bahwa persepsi adalah tanggapan langsung dari suatu serapan atau proses seseorang mengetahui beberapa hal melalui pengindraan. Dapat diketahui bahwa persepsi adalah proses dimana kita mengorganisasikan pola stimulus dalam lingkungan. Persepsi meliputi kognisi sehingga persepsi menyangkut penafsiran objek dari sudut pengalaman yang bersangkutan.Jenis penelitian ini kuantitatif yang bertujuan untuk membuat deskripsi atau gambaran secara sistematis faktual dan akurat mengenai fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomena yang diselidiki dengan ruang lingkup follower akun Airsoftgun Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan rentang skala untuk mengetahui persepsi follower. Dari penelitian yang telah dilakukan,peneliti melihat hal sebagai berikut: (1) Follower mengetahui dengan baik objek yang dipersepsi,yakni akun @Airsoft_Malang dan komunitas MARCOMM (Malang Raya Airsoft Combined Community ) yakni diketahui bahwa persepsi follower adalah sangat baik karena berada di rentang skala sebesar 3,52 (2) Alat Indera (Reseptor). Di sini follower akun @Airsoft_Malang memiliki persepsi sangat baik tentang apa yang dilihat,dibaca,maupun di dengar tentang komunitas MARCOMM (Malang Raya Airsoft Combined Community) hal ini bisa dilihat dari rentang skala sebesar 3,49. (3) Perhatian. Follower akun @Airsoft_Malang mempersepsi sangat baik terhadap komunitas MARCOMM (Malang Raya Airsoft Combined Community) karena sangat memperhatikan dan juga mengundang perhatian,hal ini bias dilihat dari rentang skala sebesar 3,35. Sedangkan rentang skala dari keseluruhan juga berada pada rentang skala sangat baik, di mana para follower memberikan skor tentang keseluruhan indikator juga sangat baik yaitu sebesar 3,45, sehingga dalam hal ini dapat diambil suatu kesimpulan bahwa persepsi follower terhadap komunitas penggemar wargame airsoft Malang adalah sangat baik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Apr 2016 04:06
Last Modified: 08 Apr 2016 04:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25584

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo