UMM Institutional Repository

PENDAPAT PRIA DEWASA TENTANG MAJALAH POPULAR (Studi pada pembaca Majalah Popular di Tempat Fitness Narita)

HARNINDYO P, ARBHISZENO (2014) PENDAPAT PRIA DEWASA TENTANG MAJALAH POPULAR (Studi pada pembaca Majalah Popular di Tempat Fitness Narita). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arbhiszeno-36457-1-pendahul-n.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-arbhiszeno-36457-2-babi.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

Majalah sebagai salah satu bentuk media cetak memiliki kemampuan untuk membentuk dan mempengaruhi khalayaknya. Setiap majalah memiliki ideologi tertentu yang menjadi dasar keberadaan majalah tersebut dan akan menjadi acuan bagi majalah tersebut untuk menentukan arah yang akan diikuti oleh khalayaknya. Seperti yang diketahui pada umumnya, pada majalah Popular telah menggunakan model wanita dengan busana yang “minim” dengan menunjukkan kemulusan kulit serta lekukan tubuh yang indah pada cover atau rubrik-rubriknya. Hal ini dapat dimengerti karena bagi pria, wanita adalah merupakan makhluk yang sangat dibutuhkan oleh pria dan pria sangat menikmatinya. Dari penjelasan tersebut menunjukkan bahwa perempuan merupakan obyek yang menyenangkan bagi laki-laki untuk dilihat atau dinikmati. Dari uraian tersebut, maka peneliti tertarik untuk meneliti pendapat pria dewasa tentang majalah Popular sebagai majalah pria dewasa. Pendapat adalah pengalaman tentang objek, peristiwa atau hubungan-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan informasi dan menafsirkan pesan (Rakhmat, 2003 : 51). Majalah didefinisikan sebagai kumpulan berita, artikel, cerita, iklan, dan sebagainya, yang dicetak dalam lembaran kertas ukuran kuarto atau folio dan dijilid dalam bentuk buku, serta diterbitkan secara berkala, seperti seminggu sekali, dua minggu sekali atau sebulan sekali. Jadi majalah pria dewasa, merupakan majalah yang disegmentasikan kepada pria yang sudah dewasa. Sesuai dengan judul, maka definisi operasional dalam penelitian ini adalah Pengetahuan masyarakat tentang majalah popular, Pemahaman masyarakat tentang majalah popular dan Penilaian masyarakat tentang majalah popular Metode yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah metode survey. Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Narita Fitnes Centre dan waktu penelitian dilakukan mulai tanggal 28 Februari 2011 sampai dengan selesai. Populasi dalam penelitian ini adalah pembaca majalah Popular yang menjadi anggota di tempat fitnes (gym) yang masuk dalam kategori dalam pria dewasa yaitu berjumlah 34 orang. Jadi berdasarkan jumlah sampel maka teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Dalam penelitian ini analisis data yang digunakan adalah analisis data diskriptif kuantitatif, dengan menggunakan rumus mean (rata-rata). Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan pada bab pembahasan sebelumnya, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa berdasarkan pada kategori penilaian diatas dapat dikatakan bahwa nilai rata – rata sebesar 3,1 berada pada selang nomor 3 dan masuk kategari bagus dengan intepretasi Positif. Sehingga dapat disimpulkan Pendapat pria dewasa tentang Lay Out Majalah Popular adalah Positif. berdasarkan pada kategori penilaian diatas dapat dikatakan bahwa nilai rata – rata sebesar 3,1 berada pada selang nomor 3 dan masuk kategari bagus dengan intepretasi Positif. Sehingga dapat disimpulkan Pendapat pria dewasa tentang Features Majalah Popular adalah Positif. Berdasarkan pada kategori penilaian diatas dapat dikatakan bahwa nilai rata – rata sebesar 3,1 berada pada selang nomor 3 dan masuk kategari bagus dengan intepretasi Positif. Sehingga dapat disimpulkan Pendapat pria dewasa tentang Majalah Popular secara umum adalah Positif. Dari hasil perhitungan rata-rata diatas, maka dapat disimpulkan bahwa pria dewasa memberikan pendapat positif ditinjau dari penilaian lay out, features dan penilaian majalah tersebut secara keseluruhan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Apr 2016 03:36
Last Modified: 08 Apr 2016 03:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25582

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo