UMM Institutional Repository

STRATEGI BRANDING PRODUK TEMBAKAU DI KALANGAN KAMPUS (Studi pada Promotor LA Lights Pemasaran Area Universitas Muhammadiyah Malang)

AS'ARI, (2014) STRATEGI BRANDING PRODUK TEMBAKAU DI KALANGAN KAMPUS (Studi pada Promotor LA Lights Pemasaran Area Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asari20101-36459-1-pendahul-n.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asari20101-36459-2-babi.pdf

Download (162kB) | Preview

Abstract

Identitas merupakan ciri khas yang harus dimiliki oleh suatu lembaga. Untuk mengenalkan produknya kepada khalayak, diperlukan promosi brand image agar produk yang dimiliki suatu lembaga dapat diingat oleh khalayak. Dalam penelitian ini difokuskan pada aktivitas branding yang dilakukan oleh LA Lights di Kampus Universitas Muhammadiyah Malang. Peneliti memilih LA Lights, karena pada tahun sebelumnya, yaitu tahun 2013, LA Lights sering mengadakan atau menyeponsori event di Universitas Muhammadiyah Malang seperti event yang diadakan oleh UKM Olahraga, UKM Musik, dan Komunitas Kampus Universitas Muhammadiyah Malang dan juga berkaitan dengan peraturan pemerintah Nomor 109 tentang tembakau yang akan diberlakukan di tahun 2014 ini. Selain itu, peneliti memilih Malang karena banyak kompetitor produk sejenis di Malang. Malang juga merupakan secondcity di Jawa Timur setelah Surabaya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui aktivitas branding yang dilakukan LA Lights di Universitas Muhammadiyah Malang. Pengertian branding dalam penelitian ini menganut pada paparan buku dari Paul A. Argenti (2010) yang berjudul Komunikasi Korporat yang menjelaskan bahwa, Branding adalah sesuatu yang dijadikan pembeda dengan produk lain di pasar serta untuk mengeksplorasikan perusahaan yang bertujuan membangun dan membesarkan merek. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian berupa deskriptif. Obyek penelitian yang peneliti pilih adalah LA Lights yang melakukan aktivitas terkait dengan strategi branding. Pengumpulan data melalui wawancara kepada informan dari LA Lights dan pemilihan teknik sampling kepada pengurus harian tiga dari UKM Universitas Muhammadiyah Malang (UKM CIBBM, UKM IKABAMA UMM dan UKM Kine Klub) yang melakukan kerjasama dengan LA Lights serta observasi pada warung-warung area kampus Universitas Muhammadiyah Malang dan tiga UKM di Universitas Muhammadiyah Malang. Hasil penelitian menerangkan bahwasannya target utama dari LA Lights adalah anak muda yang gaul, dinamis, kuat dan elegan. Strategi branding yang diterapkan yaitu pull strategy dan push strategy. Untuk pull strategy, LA Lights menjalin hubungan kerjasama dengan Unit Kegiatan Mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang. Dalam bidang musik, LA Lights bekerjasama dengan UKM IKABAMA (Ikatan Aktivitas Band Mahasiswa), dalam bidang olahraga basket bekerjasama dengan CIBBM (Civitas Bola Basket Muhammadiyah), dan dalam bidang perfilman bekerjasama dengan UKM Kine Klub. Ke tiga UKM tersebut merupakan lembaga di bawah naungan UMM yang sesuai dengan positioning dari LA Lights. Selain itu, untuk push strategy, LA Lights juga memasang brand image di beberapa titik area kampus UMM seperti; tenda parkir dan warung yang terletak di depan kampus UMM. Peraturan pemerintah nomor 109 tentang tembakau tidak memunculkan kekhawatiran yang berlebih kepada promotor LA Lights. Promotor LA Lights sudah mempersiapkan planning untuk mengantisipasi aktivitas promosi agar brand image LA Lights tetap diingat oleh target audience-nya salah satunya adalah yang semula aktivitas promosi brand image LA Lights di area outdoor, beralih pada aktivitas promosi in door. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dalam aktivitas branding produknya, LA Lights berada pada tahapan remembering, yaitu mengingatkan produknya pada masyarakat bahwa produk LA Lights masih ada di masyarakat. Hal itu bertujuan untuk menjaga eksistensi produk di masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Apr 2016 03:29
Last Modified: 22 Feb 2018 07:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25580

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo