UMM Institutional Repository

PENULISAN HUKUM IMPLIKASI YURIDIS TERHADAP PERBUATAN HUKUM YANG DILAKUKAN DIREKSI PERSEROAN YANG TELAH BERAKHIR MASA JABATANNYA (Analisis Yuridis Kasus PT Tirtanadi)

LEGOWO, ASTO (2015) PENULISAN HUKUM IMPLIKASI YURIDIS TERHADAP PERBUATAN HUKUM YANG DILAKUKAN DIREKSI PERSEROAN YANG TELAH BERAKHIR MASA JABATANNYA (Analisis Yuridis Kasus PT Tirtanadi). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-astolegowo-38586-1-pendahul-n.pdf

Download (689kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-astolegowo-38586-2-babi.pdf

Download (188kB) | Preview

Abstract

Direksi merupakan salah satu organ perseroan disamping RUPS dan Komisaris, yang memiliki tugas dan kewenangan sebagai bentuk perbuatan hukum dalam kepengurusannya mewakili perseroan. Kasus yang terjadi pada Direksi PT Tirtanadi menunjukkan bahwa Direksi tidak cukup berhati-hati dalam melakukan perbuatan hukum mewakili perseroan karena tidak memperhatikan masa jabatan yang telah berakhir, sehingga perbuatan hukum tersebut dapat berakibat fatal bagi perseroan apabila pihak ketiga mempermasalahkan perbuatan hukum tersebut dikarenakan terjadi kerugian terhadapnya. Berangkat dari hal tersebut, penulis melakukan penelitian hukum terkait keabsahan perbuatan hukum yang dilakukan direksi setelah berakhir masa jabatannya. Penelitian ini menggunakan dua rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana implikasi yuridis terhadap perbuatan hukum yang dilakukan oleh Sjahril Effendy sebagai Direksi yang telah berakhir masa jabatannya terhadap PT?. 2) Bagaimana implikasi yuridis terhadap perbuatan hukum yang dilakukan oleh Sjahril Effendy sebagai Direksi yang telah berakhir masa jabatannya terhadap pihak Ketiga?. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif, dimana teknik pengumpulan data berupa perundang-undangan,jurnal hukum, kamus hukum dan situs internet yang dapat mendukung penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian, apabila Sjahril Effendy melakukan perbuatan hukum setelah masa jabatannya sebagai Direksi telah berakhir maka segala perbuatan hukum dalam mewakili Perseroan adalah menjadi perbuatan melawan hukum. Sehingga implikasi yang timbul pada perjanjian MoU yang dilakukan Sjahril Effendy menjadi tidak sah karena tidak memenuhi syarat sahnya perjanjian yang diakibatkan adanya unsur kekhilafan, dan mantan Direksi tersebut harus bertanggungjawab secara pribadi terhadap kelalaiannya apabila pihak ketiga merasa dirugikan karenanya yang berakibat pada Perseroan. Kesimpulannya,masih terdapat kelalaian yang dilakukan Direksi ketika akan melakukan perbuatan hukum mewakili perseroan dengan tidak memperhatikan masa jabatan kepengurusan yang telah ditentukan bagi anggota Direksi, sehingga hal tersebut dapat menimbulkan kerugian baik bagi pihak ketiga, Perseroan, maupun Direksi itu sendiri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Faculty of Law > Department of Law (74201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 08 Apr 2016 03:24
Last Modified: 08 Apr 2016 03:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25578

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo