UMM Institutional Repository

PENGARUH MODERNISASI MILITER CHINA TERHADAP PENINGKATAN ALIANSI JEPANG DAN AMERIKA SERIKAT

VALENTINO, RISCO (2014) PENGARUH MODERNISASI MILITER CHINA TERHADAP PENINGKATAN ALIANSI JEPANG DAN AMERIKA SERIKAT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riscovalen-35615-1-pendahul-n.pdf

Download (351kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riscovalen-35615-2-babi.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Banyak pengaruh yang muncul dari modernisasi militer yang dilakukan oleh China. Satu hal yang paling terlihat adalah munculnya ancaman. Sebagai negara dalam satu kawasan, Jepang memberikan respon terhadap tindakan yang dilakukan oleh China. Kerjasama Jepang dan Amerika Serikat dalam bidang pertahanan kembali mendapatkan perhatian dan dipergunakan sebagai sarana penyeimbang kekuatan dan menekan timbulnya hagemoni oleh China. Kekuatan militer dan persenjataan menjadi hal pokok yang dikembangan dalam aliansi kedua negara. Jepang sangat terbantu dengan perlindungan security umbrella dari Amerika Serikat. Meskipun kenyataannya Jepang akan selalu berada di bawah keputusan Amerika Serikat dalam menentukan masa depan pertahanannya. Perkembangan aliansi inilah yang dapat dikaji sebagai upaya pasti kedua negara dalam merespon kekuatan besar yang dibangun oleh China. Dalam penelitian ini konsep Balance of Power dan teori Alliance digunakan untuk melihat permasalahan yang muncul baik dalam perkembangan China maupun hubungan Jepang dan Amerika Serikat. Seiring waktu keadaan keamanan internasional akan terus berubah dan tidak dapat diprediksi secara pasti. Oleh sebab itu upaya untuk memperkuat hubungan antara Jepang dan Amerika Serikat akan mendapatkan hasil yang maksimal jika selalu diadakan peningkatan aliansi dalam menentukan kebijakan pertahanannya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of International Relations (64201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 08 Apr 2016 03:09
Last Modified: 08 Apr 2016 03:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25565

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo