UMM Institutional Repository

Adegan Erotis Pada Film Horor (Analisis Isi Pada Film “Jeritan Danau Terlarang” Karya Wisnu Kuncoro)

Karina, Dewi Nurul (2014) Adegan Erotis Pada Film Horor (Analisis Isi Pada Film “Jeritan Danau Terlarang” Karya Wisnu Kuncoro). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewinurulk-36557-1-pendahul-n.pdf

Download (145kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewinurulk-36557-2-babi.pdf

Download (275kB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui adegan erotis apa saja yang muncul pada Film Jeritan Danau Terlarang diantaranya yaitu adegan manja, merayu, rangsangan seksual, penampilan fisik dan mendesah. Agar lebih mengetahui seberapa besar adegan erotis dalam film ini. Dalam film ini yang dijadikan objek penelitian adalah Film Jeritan Danau Terlarang karya Wisnu Kuncoro dengan durasi 4680 detik, 34 scene. Menariknya dari penelitian ini adalah menurut salah satu kritikus film Eric Sasono menyatakan bahwa hampir separuh dari produksi film horor di Indonesia cenderung lebih ke genre Horor Seks. Maka dari itu peneliti ingin membuktikan seberapa besar kandungan adegan erotis pada salah satu film bergenre horor Jeritan Danau Terlarang ini. Adanya adegan erotis pada dunia film akhir-akhir ini menjadi salah cara untuk meningkatkan minat atau menarik banyak penonton dalam industri film di Indonesia, dan adegan erotis ini selalu melibatkan pihak perempuan. Salah satunya adalah Film Jeritan Danau Terlarang karya Wisnu Kuncoro. Dalam film tersebut ditilisik dari segi cerita yang berdasarkan kejadian nyata, yaitu tentang jebolnya tanggul Situ Gintung pada tahun 2009. Yang seharusnya menjadi menarik, akan tetapi karena banyak dibumbui dengan adegan-adegan yang seharusnya tidak dimunculkan pada film tersebut, justru lebih mendominasi dibandingkan isi cerita yang sebenarnya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis isi, data yang diperoleh berasal dari mengamati film Jeritan Danau Terlarang dan kemudian di analisis sesuai struktur kategori yang telah ditentukan. Dengan satuan ukur dalam penelitian ini adalah frekuensi kemunculan scene yang menunjukkan adanya adegan erotis dalam Film Jeritan Danau Terlarang dan dihitung perdetik. Kemudian hasil pengamatan tersebut diuji reliabilitasnya dengan menggunakan rumus Holsty dan didistribusikan ke dalam rumus Scott Pi sehingga didapatkan hasil yang lebih valid. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Film Jeritan Danau Terlarang karya Wisnu Kuncoro terdapat adegan erotis dengan kategori adegan erotis verbal dengan subkategori mendesah dan rayuan, serta kategori adegan erotis non verbal dengan subkategori manja, penampilan fisik dan rangsangan seksual. Hal ini dapat diketahui peneliti dengan menggunakan penghitungan yang akurat sehingga film bergenre horor ini memang menggunakan adegan erotis dalam menyajikan sebuah hiburan. Disarankan untuk peneliti selanjutnya untuk lebih memperhatikan masalah pengkategorian, yang dalam hal penyusunan skripsi analisis isi ini sangatlah penting.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Apr 2016 02:56
Last Modified: 08 Apr 2016 02:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25556

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo