UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL PROGRAM BANK SAMPAH (STUDI PADA KOPERASI BANK SAMPAH MALANG)

Indriana, Evi Yulastri (2014) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN SOSIAL PROGRAM BANK SAMPAH (STUDI PADA KOPERASI BANK SAMPAH MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eviyulastr-36559-1-pendahul-n.pdf

Download (456kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eviyulastr-36559-2-babi.pdf

Download (507kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas adanya inovasi baru program bank sampah di Malang. Program ini dapat mendukung penanggulangan masalah kebersihan, terutama berkaitan dengan pengelolaan sampah yang lebih inovatif dan menguntungkan masyarakat. Permasalahan sampah di Kota Malang menjadikan pemerintah harus mengeluarkan dana yang tidak sedikit untuk perluasan lahan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk menampung kapasitas sampah yang mencapai beratus-ratus ton per hari. Selain itu, pendangkalan sungai, banjir, dan banyak masalah lain juga ditimbulkan dari permasalahan sampah di tengah masyarakat. Adanya program bank sampah malang terlihat bertentangan dengan masih banyaknya masyarakat yang menggunakan sistem kumpul angkut buang dalam mengelola sampah. Dengan kata lain, masih banyak masyarakat yang tidak mengadopsi program bank sampah yang dapat memberikan banyak manfaat dibandingkan dengan pengelolaan sampah dengan cara lama. Peneliti tertarik untuk mengkaji bagaimana strategi komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh Koperasi Bank Sampah Malang (BSM) dalam rangka menyebarluaskan inovasi baru ini pada masyarakat Kota Malang. Fenomena ini berkesinambungan dengan teori difusi inovasi yang mengkaji tentang penyebaran atau distribusi suatu inovasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif yang berusaha mendeskripsikan tentang strategi komunikasi pemasaran sosial program bank sampah yang dilakukan Koperasi Bank Sampah Malang demi penyebarluasan inovasi baru ini. Untuk dasar dari penelitian ini yakni inkuiri naturalistik dimana penelitian ini melakukan proses pengkajian pada situasi lapangan yang alami (bukan di laboratorium) dan sumer data tidak dibuat sendiri seperti penelitian eksperimen. Peneliti mengumpulkan data melalui wawancara, observasi dan dokumen yang mendukung. Dengan teknik purposive sampling diperoleh 5 orang sumber informasi yang dapat memberikan dan menjelaskan informasi mengenai strategi komunikasi yang digunakan Koperasi BSM. Berdasarkan hasil penelitian, strategi komunikasi pemasaran sosial yang dilakukan oleh Koperasi BSM dalam menyebarluaskan program Bank Sampah di Kota Malang yaitu dengan melakukan analisa situasi dan melakukan 8 tahap mengembangkan komunikasi yang efektif sebagaimana yang diungkapkan Uyung Sulaksana. Koperasi BSM menyusun pesan-pesan dalam komunikasi pemasaran sosialnya sedemikian rupa, yakni dengan menekankan manfaat-manfaat yang dapat diperoleh masyarakat jika mengadopsi program bank sampah malang. Selain itu, dalam komunikasi pemasaran sosialnya, tidak hanya melalui media massa atau saluran komunikasi personal. Koperasi BSM sangat mengoptimalkan saluran komunikasi personal untuk menjangkau masyarakat dan lebih dapat mengindividualisakan penyampaian pesan atau komunikasi yang dilakukannya. Dalam melakukan rangkaian proses komunikasi pemasaran sosial program bank sampah malang, Koperasi BSM mendapati adanya beberapa keterbatasan sarana dan prasarana, dana, serta kuantitas sumber daya manusia. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan keterbatasan yang ada, Koperasi BSM melakukan komunikasi pemasarannya, yakni dengan strategi mengoptimalkan saluran komunikasi personal, serta menyusun dan menyampaikan pesan-pesan komunikasinya semaksimal mungkin untuk menarik masyrakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Apr 2016 02:48
Last Modified: 08 Apr 2016 02:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25548

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo