UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI ALGORITMA GENETIKA PADA OPTIMALISASI PENJADWALAN MATA PELAJARAN (Studi Kasus SMP Negeri 1 Singosari)

Puspitasari, Fatmawati (2014) IMPLEMENTASI ALGORITMA GENETIKA PADA OPTIMALISASI PENJADWALAN MATA PELAJARAN (Studi Kasus SMP Negeri 1 Singosari). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatmawatip-37321-1-pendahul-n.pdf

Download (626kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatmawatip-37321-2-babi.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Menyusun jadwal mata pelajaran merupakan salah satu kegiatan rutin yang harus dilakukan oleh setiap sekolah. Menyusun jadwal mata pelajaran memerlukan ketelitian dan menyita banyak waktu. Selama ini penjadwalan mengajar guru di SMP Negeri 1 Singosari yang meliputi jadwal mata pelajaran dan pembagian guru di setiap kelas yang ada masih menggunakan cara manual. Banyak sekali bentrokan antar kelas karena disebabkan kebingungan dari bagian kesiswaan untuk menentukan jadwal mata pelajaran dan banyaknya jumlah ruangan untuk disesuaikan berdasarkan tingkatan kelas. Kegiatan penerapan jadwal guru mengajar dalam suatu sekolah adalah hal yang rumit. Terdapat berbagai aspek yang berkaitan dalam penjadwalan tersebut yang harus dilibatkan antara lain terdapat jadwal-jadwal dimana guru yang beririsan dengan jadwal mata pelajaran kelas yang lainnya, distribusi jadwal KBM (Kegiatan Belajar Mengajar) juga diharapkan dapat merata tiap harinya untuk setiap kelas. Oleh karena itu pada penelitian kali ini akan dicoba membuat aplikasi yang dapat mempermudah penyusunan jadwal mata pelajaran dengan mengimplementasikan algoritma genetika. Keuntungan penggunaan Algoritma Genetika adalah dari kemudahan implementasi, dan kemampuannya untuk menemukan solusi yang bagus dan cepat untuk masalah-masalah berdimensi tinggi. Berdasarkan uji coba yang dilakukan pada aplikasi penjadwalan dengan algoritma genetika dapat disimpulkan bahwa Semakin banyak jumlah data dan persyaratan yang harus dipenuhi maka akan semakin besar juga jumlah generasi dan semakin lama waktu yang dibutuhkan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 08 Apr 2016 02:19
Last Modified: 08 Apr 2016 02:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25522

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo