UMM Institutional Repository

BRAND ENDORSEMENT PADA VIDEO KLIP BOY DAN GIRLBAND KOREA SELATAN (Analisis Sinematik Pada Video Klip Samsung Galaxy SIII, dan Samsung Galaxy SHoppin).

Isnaini, Meigi Kurniawan (2014) BRAND ENDORSEMENT PADA VIDEO KLIP BOY DAN GIRLBAND KOREA SELATAN (Analisis Sinematik Pada Video Klip Samsung Galaxy SIII, dan Samsung Galaxy SHoppin). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meigikurni-36736-1-pendahul-n.pdf

Download (374kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meigikurni-36736-2-bab1.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya dan besarnya pengaruh media sosial seperti Youtube. Yang secara langsung menghadirkan beberapa informasi dan hiburan bagi pengunjung dan penggunanya. Fenomena video klip yang bisa dijadikan contoh ialah LMFAO dengan Party Rock Anthem dan Psy dengan Gangnam Style-nya. Melalui kedua contoh video klip ini. Dimana, dapat dilihat dampak yang besar dari media sosial dalam menghadirkan sebuah fenomena baru dimasyarakat, yang diangkat melalui keunikan dari seni serta musikalitas yang dibawakan pada masing – masing video ini. Salah satunya adalah dengan penempatan sebuah merek atau brand didalam videonya seperti divideo LMFAO dan video yang ada dalam penelitian ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui letak perbedaan gaya pada masing – masing video klip melalui boy dan girlsband sebagai penyampai pesan brandnya atau endorsernya. Dengan melihat konsep dan pesan dari perbedaan gaya atau ciri masing – masing video klip. Penelitian ini menggunakan video penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Sinematik. Studi Sinematik nantinya akan dapat memberikan gambaran jelas dan pemaknaan yang berbeda dari masing – masing gambar dalam video klip melalui pengamatan visual dan audio. Subjek penelitiannya adalah brand atau merk yang ada pada masing – masing video klip. Pengumpulan data diperoleh melalui pemilahan video serta gambar pada masing – masing brand endorsement yang ada. Data diperoleh melalui gambar terpilih dari video yang dicapture melalui software GOM Player. Dengan menyajikan hasil dari analisa gambar tersebut. Hasil penelitian juga menemukan ada dua analisis dalam penyajian brand endorsement pada kedua video klip tersebut. Pertama, pada peletakan sebuah brand, brand endorsement didalam sebuah video klip. Pada salah satu video klip tersebut produsen meletakkan brand sebagai iklan yang benar – benar dapat dikatakan sebagai iklan asli atau khususnya yang benar – benar menjual brand tersebut yang sering disebut sebagai Hard Selling. Kedua, pada sisi lainnya secara Studi sinematik dapat dikatakan pada video klip ini menunjukkan persamaan, dengan peletakan brand atau brand endorsement, secara Soft Selling.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Apr 2016 02:01
Last Modified: 08 Apr 2016 02:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25507

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo