UMM Institutional Repository

SISTEM KLASIFIKASI PENENTUAN KEPUTUSAN PENDANAAN BEASISWA MENGGUNAKAN METODE NAVE BAYES

HIDAYAT, VICKY (2015) SISTEM KLASIFIKASI PENENTUAN KEPUTUSAN PENDANAAN BEASISWA MENGGUNAKAN METODE NAVE BAYES. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vickyhiday-38359-1-pendahul-n.pdf

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-vickyhiday-38359-2-babi.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Pada era global seperti sekarang ini, perkembangan teknologi begitu cepat. Tidak sedikit dari masyarakat yang, memanfaatkan teknologi yang ada untuk mendukung perkerjaannya dalam kehidupan sehari – hari. Demikian juga halnya dengan sekolah yang senantiasa melaksanakan pengolahan data dan data pada sekolah yang diolah itu diantaranya adalah data beasiswa. Pada aktivitas disuatu sekolah aplikasi penentuan keputusan merupakan suatu kebutuhan yang nyata di tengah-tengah pihak pemberi dana beasiswa yang senantiasa lebih mengutamakan akan adanya suatu transparansi dari suatu data. Dalam penentuan penerima beasiswa bukanlah hal sederhana yang bisa dilakukan ,karena keputusan penentuan penerima beasiswa harus mempertimbangkan kriteria-kriteria yang ada agar tidak terjadi salah dalam memilih kandidat penerima beasiswa. Semakin banyak variabel dan atribut yang menjadi tolak ukur penilaian, sedangkan disisi lain pengelola harus mengambil keputusan yang cepat dan tepat. Namun keterbatasan alat bantu untuk menentukan penerima beasiswa dan terbatasnya jumlah pengelola beasiswa seringkali membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu penulis merancang suatu konsep sistem klasifikasi penentuan keputusan menggunakan metode nave bayes dan perangkingannya menggunakan metode smart, dimana metode nave bayes melakukan klasifikasi data beasiswa tersebut dan setelah data diklasifikasikan maka data beasiswa tersebut akan dilakukan perangkingan agar bisa mengetahui datanya dengan terurut. Dengan adanya aplikasi ini dapat mempermudah pengelola beasiswa dalam menentukan kandidat penerima beasiswa tanpa memerlukan waktu yang lama.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 07 Apr 2016 10:44
Last Modified: 07 Apr 2016 10:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25475

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo