UMM Institutional Repository

Analisis Kesiapan Guru IPA SMP Muhammadiyah dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di Kota Malang

Irmalia, Luthfidah (2014) Analisis Kesiapan Guru IPA SMP Muhammadiyah dalam Menerapkan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013 di Kota Malang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-luthfidahi-37536-1-pendahul-n.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-luthfidahi-37536-2-babi.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah suatu usaha untuk melakukan proses pembelajaran bagi peserta didik untuk mencapai tujuan pendidikan yang diterapkan di suatu negara. Pendidikan tidak terlepas dari kurikulum pendidikan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah. Kurikulum merupakan suatu metode yang digunakan untuk meningkatkan kualitas pendidikan di suatu negara. Untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia dengan mengembangkan KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) menjadi Kurikulum 2013. Faktor keberhasilan penerapan Kurikulum 2013 adalah kesiapan guru. Guru sebagai tenaga pendidik yang berurusan langsung dengan peserta didik untuk melakukan pembelajaran sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan oleh pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru IPA SMP Muhammadiyah dalam menerapkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan jenis penelitian survei. Instrument penelitian ini menggunakan angket, lembar wawancara dan dokumentasi. Tempat dan waktu penelitian dilaksanakan di 4 SMP Muhammadiyah yang terdapat di kota Malang pada tanggal 9-14 Juni 2014. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi guru IPA SMP Muhammadiyah terhadap perubahan Kurikulum 2013 ditinjau dari pemahaman guru IPA SMP Muhammadiyah sebesar 75% termasuk dalam kategori sangat baik. Hasil wawancara menunjukkan bahwa kesiapan guru IPA SMP Muhammadiyah se-Kota Malang ditinjau dari persiapan mengajar termasuk dalam kategori siap. Selain itu, hambatan yang dihadapi guru IPA SMP dalam menerapkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 yaitu kurangnya fasilitas seperti buku dan sarana dan prasarana. Upaya yang dilakukan oleh guru IPA SMP dalam mengatasi hambatan dalam menerapkan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 yaitu guru harus bisa membuat media pembelajaran yang menarik agar peserta didik lebih aktif dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 07 Apr 2016 09:26
Last Modified: 07 Apr 2016 09:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25421

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo