UMM Institutional Repository

Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 9 Brondong

tika, Susan (2014) Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar biologi pada siswa kelas X SMA Muhammadiyah 9 Brondong. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-susantika2-37540-1-pendahul-n.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-susantika2-37540-2-babi.pdf

Download (32kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal terdapat kendala yang dialami siswa kelas X-2 SMA Muhammadiyah 9 Brondong. Kendala yang dimaksudkan adalah siswa belum terlatih memahami masalah, menjawab masalah, dan memberikan kesimpulan dalam memahami masalah. Kurangnya kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah ditunjukan dengan siswa belum terlatih dalam memberikan alasan dalam menyelesaikan masalah karena siswa cenderung mengira-gira untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal tersebut berdampak pada kemampuan berfikir kritis yang masih rendah sehingga menyebabkan hasil belajar siswa rendah dengan hasil rata-rata ulangan siswa kelas X-2 adalah 45,16 % dibawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) SMA Muhammadiyah 9 Brondong yaitu 75. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah penggunaan Problem Based Learning serta mendeskripsikan peningkatan kemampuan berfikir ktiris dan hasil belajar biologi setelah menggunakan Problem Based Learning pada kelas X-2 SMA Muhammadiyah 9 Brondong. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilaksanakan secara kolaboratif yang artinya peneliti berkolaborasi atau bekerjasama dengan guru kelas yang mengajar di kelas X-2 SMA Muhammadiyah 9 Brondong yang dilaksanakan pada tanggal 19 Mei sampai 27 Mei 2014 dengan menerapkan Problem Based Learning. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah terlaksana dengan optimal. Kemampuan guru pada siklus 1 yaitu 76,18% menjadi 85,87% pada siklus 2, aktivitas siswa pada siklus 1 79,55% menjadi 90,09% pada siklus 2. Prosentase kemampuan berfikir kritis pada siklus 1 sebesar 56,25% meningkat 81,81% pada siklus 2. Persentase Ketuntasan klasikal pada siklus 1 sebesar 59,37% meningkat menjadi 81,81 % pada siklus 2. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 07 Apr 2016 08:51
Last Modified: 07 Apr 2016 08:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25410

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo