UMM Institutional Repository

APLIKASI PENCACAH JUMLAH MOBIL YANG LEWAT MENGGUNAKAN METODE MORFOLOGI BERBASIS JAVA

Sudrajad, Mohamad Zulkarnaen (2014) APLIKASI PENCACAH JUMLAH MOBIL YANG LEWAT MENGGUNAKAN METODE MORFOLOGI BERBASIS JAVA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohamadzul-34675-1-pendahul-n.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohamadzul-34675-2-babi.pdf

Download (171kB) | Preview

Abstract

Keyword : ABSTRAKSI Pertumbuhan volume lalu lintas jalan khususnyamobil di jalan-jalanprotokolataujalanutama di sebuahdaerahataukota terus meningkat dengan pesat akibat dari pertumbuhan dan perkembangan industrimobil serta laju pertumbuhan pendudukdanpeningkatanperekonomian di Indonesia. Hal ini tentu saja membuat tingkat kemacetan semakin tinggi. Dari uraian diatas peneliti akan membuat aplikasi untuk menghitung jumlah mobil dengan judul “Aplikasi Pencacah Jumlah Mobil Yang Lewat Menggunakan Metode Morfologi Berbasis Java”. Dimana sistem ini diharapkan dapat membantu pemerintah kota maupun kabupaten untuk menghitung jumlah mobil yang masuk kesebuahdaerah. Hal ini tentu saja berpengaruh pada estimasi pelebaran jalan yang akan dilakukan misalnya berapa meter lebar yang akan ditambah. Dalam aplikasi ini penulis menggunakan metode morfologi yaitu proses erosi. Erosi adalah proses pemindahan/pengurangan pixel pada batas dari suatu objekataumenghilangkanobjek-objekkecildankurusmisalnyadalamkasusiniadalahsepeda motor ataubenda-bendakecillainsehinggabenda yang di-erosiberubahbentukmenjadiberupatitikkecilsaja.Noktah hitam yang dapat dihitung oleh sistemmerupakan representasi dari jumlah mobil. Jumlah pixel yang ditambahkan atau yang dihilangkan dari batas objek pada citra digital masukan tergantung pada ukuran dan bentuk dari structuring element yang digunakan. Kata Kunci:Morfologi, Erosi, Mobil, Hitung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 07 Apr 2016 08:09
Last Modified: 07 Apr 2016 08:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25392

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo