UMM Institutional Repository

APLIKASI PEMETAAN DAERAH RAWAN GEMPA BERBASIS PHP DENGAN SUMBER DATA BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika)

Wulandari, Winda Andrini (2014) APLIKASI PEMETAAN DAERAH RAWAN GEMPA BERBASIS PHP DENGAN SUMBER DATA BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-windaandri-34703-1-pendahul-n.pdf

Download (439kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-windaandri-34703-2-babi.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Gempa bumi adalah fenomena alam yang setiap saat dapat terjadi dipermukaan bumi. Gempa bumi menyebabkan goncangan atau getaran yang besarnya beragam. Pesisir Jawa Timur, yang merupakan salah satu kawasan yang menyimpan banyak potensi sumber daya kelautan, pun tak luput dari ancaman bencana. Sebagai bagian pulau Jawa, Jawa Timur juga dekat dengan garis pertemuan lempeng Indo-Australia dengan Eurasia, sehingga memiliki potensi akan timbulnya kejadian gempa bumi. Kabupaten Malang sebagai salah satu wilayah dari Provinsi Jawa Timur berpotensi untuk terjadinya gempa tektonik akibat posisi Pulau Jawa yang berada pada subduction zone, yaitu pertemuan antara lempeng Eurasia. Selain itu di Kabupaten Malang juga berpotensi terjadi gempa vulkanik akibat adanya gunung-gunung api di sekitar wilayah Kabupaten Malang. Dengan kata lain, apabila terjadi bencana gempa bumi maka diperkiran dampak yang diakibatkan lebih besar dibanding wilayah lain yang tidak dikelilingi oleh gunung berapi. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kewaspadaan seluruh stakeholders di Kabupaten Malang melalui mitigasi bencana yang salah satunya adalah dengan membuat penentuan zonasi kawasan risiko bencana gempa bumi agar dampak yang timbul ketika bencana datang dapat diminimalisir. Aplikasi yang diimplemetasikan ini menggunakan metode Haversine yaitu sebuah metode yang dapat menghitung jarak antara 2 titik koordinat yaitu titik koordinat episentrum gempa dengan titik koordinat Stasiun Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates Kabupaten Malang sehingga dapat menampilkan jari – jari lingkaran yang ditampilkan dipeta. Hasil dari aplikasi pemetaan daerah rawan gempa yang telah dibangun ini dapat dijadikan sebagai pemanfaatan teknologi yang mampu memberikan informasi tentang kejadian gempa tersebut. Oleh karena itu, diperlukan teknologi informasi yang bisa diimplementasikan untuk mendeteksi daerah rawan gempa guna merencanakan pembangunan infrastruktur dan pemukiman disuatu wilayah, mengantisipasi dan meminimalisasi korban jiwa ketika gempa terjadi. Kata Kunci : Metode Haversine, PHP (Hypertext Preprocessor), Gempa Bumi, MMI (Modified Mercalli Intensity).

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 07 Apr 2016 07:45
Last Modified: 07 Apr 2016 07:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25372

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo