UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE SCRUM PROGRAMMING DALAM PEMBUATAN SISTEM INFORMASI MONITORING NILAI IPK (INDEKS PRESTASI KUMULATIF)

STYAWAN, GALIH WOROSIH (2014) PENERAPAN METODE SCRUM PROGRAMMING DALAM PEMBUATAN SISTEM INFORMASI MONITORING NILAI IPK (INDEKS PRESTASI KUMULATIF). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-galihworos-34737-2-babi.pdf

Download (18kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-galihworos-34737-1-pendahul-n.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi memunculkan kebutuhan akan akses informasi, begitu juga pada jurusan Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Kebutuhan akses informasi dengan cepat terkait dengan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) Mahasiswa menjadi hal yang penting bagi pengguna yang berkepentingan pada jurusan Teknik Informatika UMM. Namun, pihak jurusan belum menggunakan suatu sistem informasi untuk mempermudah rekapitulasi nilai dan mengolah data IPK serta menampilkan rangkuman secara cepat yang terkait dengan IPK mahasiswa. Metode Scrum, yang digunakan pada penelitian ini, adalah metode yang menerapkan keterbukaan, peninjauan, penyesuaian dari proses batasan yang di terima dari klien dan diterapkan dalam program yang juga dilakukan pengecekan secara berkala, sehingga dapat meminimalkan kesalahan pada pengerjaan program dan pengerjaan program dapat lebih cepat dan efisien. Dengan penggunaan metode Scrum dalam pembuatan sistem informasi, pembuatan program menjadi lebih cepat dan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini berupa sistem informasi monitoring IPK yang dapat memberikan pelayanan dalam hal membantu rekapitulasi nilai dan mengolah data IPK serta dapat menampilkan rangkuman yang terkait dengan IPK mahasiswa. Sistem informasi tersebut merupakan aplikasi berbasis web yang terintegrasi dengan database sehingga data lebih terorganisir karena tersimpan di dalam database serta memudahkan dalam menemukan informasi IPK. Adapun untuk penyediaan data IPK secara cepat dan dapat diakses dari berbagai tempat, aplikasi pendukung berupa aplikasi berbasis SMS Gateway memenuhi kebutuhan tersebut. Dengan sistem ini diharapkan dapat membantu pihak jurusan khususnya untuk menyajikan data yang telah diolah menjadi informasi yang tepat guna yang bertujuan untuk mempermudah monitoring mahasiswa dalam hal IPK melalui hasil rekap dan pelaporan yang dilakukan oleh sistem.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 07 Apr 2016 06:59
Last Modified: 07 Apr 2016 06:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25352

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo