UMM Institutional Repository

RANCANG BANGUN APLIKASI PERAMALAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING ( Studi Kasus di Soekarno Hatta Computer)

DETABA, JAJANG (2014) RANCANG BANGUN APLIKASI PERAMALAN PENJUALAN MENGGUNAKAN METODE SINGLE EXPONENTIAL SMOOTHING ( Studi Kasus di Soekarno Hatta Computer). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jajangdeta-34752-1-pendahul-n.pdf

Download (477kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jajangdeta-34752-2-babi.pdf

Download (18kB) | Preview

Abstract

Peramalan adalah suatu kegiatan yang memperkirakan apa yang akan terjadi pada masa mendatang. Peramalan penjualan adalah peramalan yang mengkaitkan berbagai asumsi yang berhubungan dengan tindakan-tindakan yang perlu diambil serta variable-variabel lain yang mempengaruhi permasalahan arus penjualan yang diperkirakan terjadi. Peramalan diperlukan karena adanya perbedaan waktu antara keadaan, maka dibutuhkannya suatu kebijakan baru. Apabila perbedaan waktu tersebut panjang, maka peran peramalan menjadi penting dan sangat dibutuhkan, terutama dalam penentuan kapan terjadi suatu peristiwa sehingga dapat di persiapkan tindakan-tindakan yang diperlukan. Kegunaan dari suatu peramalan adalah untuk dapat membuat suatu perencanaan dalam pemenuhan permintaan di masa mendatang dengan memperkirakan besarnya penjualan dan penggunaan produk, sehingga produk dapat diproduksi dalam jumlah yang tepat. Selama ini peramalan penjualan hanyalah berdasarkan intuisi dari pemilik perusahaan, sehingga apabila permintaan meningkat maka perusahaan kekurangan persediaan, dan begitu pun sebaliknya. Oleh karena itu perlu adanya peramalan yang dihitung berdasarkan pola data masa lalu. Penelitian ini menggunakan metode peramalan Single Exponential Smoothing. Berdasarkan perhitungan, maka diperoleh kesalahan peramalan terkecil yaitu MSE = 15,30 dengan konstanta alpha = 0,5. Untuk studi kasusnya menggunakan data penjualan di Soekarno Hatta Computer Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 07 Apr 2016 06:36
Last Modified: 07 Apr 2016 06:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25334

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo