UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI RESOURCE RESERVATION PROTOCOL (RSVP) UNTUK VIDEO ON DEMAND STREAMING

PRIBADI, TRI AGIL (2014) IMPLEMENTASI RESOURCE RESERVATION PROTOCOL (RSVP) UNTUK VIDEO ON DEMAND STREAMING. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triagilpri-34761-1-pendahul-n.pdf

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triagilpri-34761-2-babi.pdf

Download (178kB) | Preview

Abstract

Teknologi video sudah menjadi teknologi yang sangat penting saat ini sebagai salah satu media (selain teks, gambar dan suara). Namun, untuk dapat mengakses sebuah video dibutuhkan sumberdaya yang cukup besar agar video dapat berjalan dengan baik. Jika hanya menggunakan Protokol berbasis internet protokol (IP) kurang memadai. Karena protokol berbasis internet protokol (IP) hanya menyediakan layanan best effort. Maka dari itu dibutuhkan sebuah perlakuan khusus agar video dapat berjalan dengan baik walaupun dengan sumberdaya yang terbatas. Salah satunya adalah dengan menggunakan Resource Reservation Protocol (RSVP). RSVP merupakan protokol pensinyalan yang menyediakan sumberdaya seperti bandwidth bagi aplikasi multimedia yang peka terhadap keterbatasan bandwidth dan delay. Pada penelitian ini dicoba mengimplementasikan RSVP pada jaringan untuk Video on Demand streaming. RSVP digunakan untuk menetapkan semberdaya QOS oleh host dan router. Sumberdaya yang dimaksudkan ini adalah bandwidth. Untuk aplikasi suara yang mempunyai toleransi minimal terhadap delay dan packet loss, diperlukan bandwidth yang terjamin untuk aplikasi sehingga dapat berjalan dengan baik. Karena bila bandwidth yang tersedia kurang dari bandwidth yang diperlukan, maka akan mengakibatkan delay menjadi lebih tinggi dan packet loss juga semakin tinggi. Dari hasil analisa pengujian diketahui bahwa jaringan yang mengimplementasikan RSVP. Menunjukan nilai-nilai QOS yang lebih baik daripada jaringan yang tidak mengimplementasikan RSVP. Jaringan yang mengimplementasikan RSVP lebih tahan dan stabil terhadap beban yang ada pada jaringan saat melakukan streaming.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 07 Apr 2016 06:25
Last Modified: 07 Apr 2016 06:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25322

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo