UMM Institutional Repository

RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKASI "SPACE RUSH" DENGAN MEMANFAATKAN ACCELEROMETER PADA ANDROID

Al Arif, Miftakhur Rohman (2014) RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI PERMAINAN EDUKASI "SPACE RUSH" DENGAN MEMANFAATKAN ACCELEROMETER PADA ANDROID. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miftakhurr-37107-1-pendahul-n.pdf

Download (494kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-miftakhurr-37107-2-babi.pdf

Download (302kB) | Preview

Abstract

Perkembangan dari pertumbuhan industri mobile game memotivasi pengembang mobile game untuk menciptakan inovasi baru dari permainan mereka. Salah satu inovasi tersebut adalah game edukasi, tapi game edukasi sekarang ini kurang diinginkan karena memiliki gameplay yang cenderung membosankan. Pengembangan game ini mencoba untuk menciptakan sebuah game edukasi mobile menggunakan teknologi mobile baru dalam gameplay-nya sehingga membuatnya lebih menarik. Aplikasi yang dikembangkan adalah game edukasi mobile yang mengajarkan matematika kepada para penggunanya. Pendidikan matematika yang diberikan yaitu dalam bentuk penjumlahan dan pengurangan. Game ini menggunakan tema dan latar belakang cerita untuk membangun gameplay-nya. Teknologi baru yang digunakan dalam game ini adalah accelerometer pada platform Android. Game ini dibangun menggunakan Unity dan C Sharp (C #) sebagai bahasa pemrogramannya. Uji coba dilakukan untuk menemukan kesalahan yang mungkin timbul, kesesuaian antara fitur dan kebutuhan game, mengevaluasi langkah-langkah dalam menjalankan game dan mendapatkan evaluasi dari pengguna. Pengujian fitur game dilakukan dengan menggunakan ponsel Android versi 4.2.2. Sementara pengujian pengguna dilakukan dengan meminta pengguna untuk mencoba permainan dan memberi mereka tes yang kemudian digunakan untuk evaluasi tingkat keberhasilan. Dari percobaan tersebut, penulis mengharapkan Unity dapat digunakan untuk membuat game edukasi mobile pada ponsel Android dan mengakses sensor accelerometer-nya, selain itu penggunaan teknologi mobile terbaru dapat meningkatkan daya tarik permainan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Informatics (55201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Apr 2016 04:40
Last Modified: 22 Feb 2018 08:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25309

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo