UMM Institutional Repository

PENERIMAAN ATLET SILAT TENTANG ADEGAN PENCAK SILAT INDONESIA PADA FILM THE RAID REDEMPTION (STUDI RESEPSI PADA IKATAN PENCAK SILAT INDONESIA MALANG)

Anggraini, Noor Julviar (2014) PENERIMAAN ATLET SILAT TENTANG ADEGAN PENCAK SILAT INDONESIA PADA FILM THE RAID REDEMPTION (STUDI RESEPSI PADA IKATAN PENCAK SILAT INDONESIA MALANG). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noorjulvia-36741-1-pendahul-n.pdf

Download (547kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-noorjulvia-36741-2-babi.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Indonesia The Raid Redemption yang menjadi salah satu kebanggan masyarakat tanah air. Dengan berhasilnya mendapatkan beberapa penghargaan kelas internasional seperti The Cadillac Peoples’s Choice Award untuk kategori Midnight Madness dalam ajang Toronto Internasional Film Festival (TIIF) ke-36, The Best Film sekaligus Audience Award – Jameson Dublin Internasional Film Festival 2012 dan dapat disejajarkan dengan film Avatar, Star Trek dan Pirates of Caribbean. Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerimaan anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia Malang tentang adegan seni beladiri pencak silat, pada film The Raid Redemption. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif interpretatif yang memfokuskan diri pada tanda dan teks sebagai objek kajian dengan khalayak sebagai instrument kunci. Metode yang digunakan adalah reception studies, dimana menemukan konstruksi makna dari subjek kemudian dikelompokkan menjadi tiga macam posisi penonton sesuai hasil observasi dan wawancara yaitu, Dominant Hegemonic Reading, Negotiated Reading atau Oppositional Reading. Adapun subjek pada penelitian ini adalah para atlet nasional yang tergabung dalam Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Malang. Setelah melakukan penelitian digunakan teori untuk memperkuat pendapat penonton atau audience yaitu teori khalayak dimana menjadi beberapa bagian yaitu dilihat dari sisi khalayak sebagai individu, khalayak sebagai kelompok, khalayak sebagai sosial dan khalayak sebagai pasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan resepsi dalam memaknai adegan pencak silat dalam film. Audiens melakukan negosiasi dengan berdasarkan latar belakang yang dimilikinya tersebut. Resepsi para atlet silat terhadap adegan film The Raid Redeption lebih banyak dipengaruhi oleh jenis kelamin, usia, tingkat pendidikan dan lamanya mendalami pencak silat. Dari hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam posisi audiens dominan, audiens menilai bahwa film The Raid Redemption adalah sebuah film laga yang dikemas secara epic menggunakan seni beladiri pencak silat yang asli Indonesia. Dan hal ini sangat menghibur, juga merasa bangga karena film Indonesia dapat mendunia dan di bintangi oleh atlet silat nasional. Pada posisi audiens negosiasi menerima bahwa awalnya film The Raid Redemption sebagai tayangan film yang menghibur dan merasa bangga pencak silat dapat diangkat menjadi film skala internasional, namun tidak serta merta mereka menerima hal tersebut karena mereka melihat masih ada unsur emosi negatif disana, adanya pembunuhan dengan sadis dan unsur balas dendam. Sedangkan pada posisi audiens oposisi, menerima jika film The Raid Redemption ini merupakan film yang mengusung pencak silat lengkap dengan falsafah budi pekerti luhur dan pencak silat tidak dipisahkan dari seni, tentunya hal ini sedikit bertentangan dengan maksud dari pembuat film tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Apr 2016 04:19
Last Modified: 07 Apr 2016 04:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25295

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo