UMM Institutional Repository

ANALISIS CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY

DWI, NUNUNG DWIKA (2014) ANALISIS CITRA PEREMPUAN DALAM NOVEL AYAT-AYAT CINTA KARYA HABIBURRAHMAN EL SHIRAZY DAN NOVEL PEREMPUAN BERKALUNG SORBAN KARYA ABIDAH EL KHALIEQY. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nunungdwik-37872-2-babi.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nunungdwik-37872-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang Analisis Citra Perempuan dalam Novel Ayat-Ayat Cinta karya Habibburahman El Shirazy dan Novel Perempuan Berkalung Sorba karya Abidah El Khalieqy ini berusaha mengungkap citra diri. Latar belakang penelitian ini adalah kehidupan sosial perempuan yang memiliki keimanan yang kuat. Pemilihan novel Ayat-Ayat Cinta karya Habibburahman El Shirazy dan novel Perempuan Berkalung Sorban karya abidah El Khalieqy ini didasarkan pada pemikiran bahwa novel tersebut secara komprehensi menggambarkan citra diri perempuan yang dilatarbelakangi keimanan yang kuat sehingga membentuk perempuan yang sabar, ikhlas serta memberikan perlawanan terhadap hal-hal yang merendahkan perempuan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah aspek fisik, psikis, dan sosial. Hal ini didasarkan pada pertimbangan bahwa ketiga hal tersebut memiliki peran cukup penting yang digunakan untuk mengeksplorasi citra diri dalam karya sastra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan citra diri. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah citra diri yang dikemukakan oleh Sugihastuti. Sumber datanya adalah novel yang berjudul Ayat-Ayat Cinta karya Habibburahman El Shirazy dan Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy. Wujud datanya berupa kalimat-kalimat, kutipan-kutipan dan sekuen cerita dalam novel yang berkaitan dengan permasalahan peneliti. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik analisis deskripsi dan penganalisisannya menggunakan tekhnik deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa citra diri perempuan dalam novel Ayat-Ayat Cinta karya Habibburahman El Shirazy dan Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy berupa aspek fisik, psikis, dan sosial. Wujud citra diri perempuan pada novel Ayat-Ayat Cinta karya Habibburahman El Shirazy berupa gambaran sosok perempuan dewasa yang cantik dan memiliki jiwa yang ikhlas, lemah lembut, dan penuh kesabaran. Perempuan dewasa yang bertoleransi dengan agama lain dan pandai bergaul dan bersosialisasi, peduli pada kaum perempuan. Pada novel Perempuan Berkalung Sorban karya Abidah El Khalieqy berupa gambaran sosok perempuan Jawa yang cantik yang memiliki jiwa pememberontak terhadap hal-hal yang merendahkan perempuan, dan menentang hal-hal yang menghalangi perempuan untuk maju dan berkembang, serta sosok perempuan yang memupuk solidaritas, aktif mengikuti organisasi untuk memperjuangkan kaum perempuan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Apr 2016 04:09
Last Modified: 07 Apr 2016 04:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25286

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo