UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA PENDIDIKAN “KAMPOENG KIDZ” KOTA BATU

Ulfa, Nur Fitria (2014) KOMUNIKASI PEMASARAN WISATA PENDIDIKAN “KAMPOENG KIDZ” KOTA BATU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurfitriau-36743-1-pendahul-n.pdf

Download (310kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurfitriau-36743-2-babi.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Kampoeng kids atau yang sering disebut dengan kampoeng entrepreneur adalah suatu hamparan lahan luas, yang mana disana adalah sebuah yayasan SMA Selamat Pagi Indonesia yang dilengkapi dengan lapangan olahraga, asrama yang diperkenankan untuk tinggal para siswa dan laboratorium lapangan yang sangat luas dan lengkap. Laboratorium lapangan ini mempuyai sedikit keunikan yang mungkin tidak bisa ditemukan di sekolah- sekolah lainnya. Keunikan dari wisata yang bersifat educative tersebut ternyata telah terekspose sangat luas melalui media cetak maupun elektronik sehingga keberadaannya banyak disorot oleh publik dalam lingkup luas. Dalam mencapai sasaran komunikasi, pesan yang disampaikan membutuhkan media yang akan digunakan. Dengan demikian yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana komunikasi Pemasaran Wisata Pendidikan ”Kampoeng Kidz” Kota Batu? Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Word Of Mouth Communication sebagai komunikasi yang dilakukan oleh konsumen yang telah melakukan pembelian dan menceritakan pengalamannya tentang produk atau jasa tersebut kepada orang lain. sehingga secara taklangsung konsumen tersebut telah melakukan promosi yang dapat menarik minat beli konsumen lain yang mendengarkan pembicaraan tersebut. Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun subyek penelitian dalam penelitian ini, yaitu Stakeholder Wisata Pendidikan ”Kampoeng Kidz” dan pengunjung “Kampoeng Kidz” Kota Batu. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi Pemasaran Wisata Pendidikan ”Kampoeng Kidz” Kota Batu dilakukan dengan mengacu pada strategi pemasaran yang berbeda dengan wisata yang lain. Metode yang pendekatan terhadap wisatawan familier. Selain itu, marketing lebih memperhatikan kebutuhan pengunjung. Kampoeng Kidz telah menerapkan berbagai sistem pelayanan para wisatawan, yaitu Kebersihan, Kepekaan dan Kepedulian terhadap sesama pengunjung Kampoeng Kidz. Orientasi pelayanan terhadap pengunjung lebih diperhatikan. Media komunikasi pemasaran Kampoeng Kidz dengan menggunakan berbagai media, seperti penggunaan teknologi internet dalam hal promosi agar Kampoeng Kidz ini dapat dikenal masyarakat secara luas, baik dalam negeri maupun luar negeri. Aktivitas promosi selama ini telah membuahkan hasil, seperti adanya pengunjung dari luar negeri, baik dari Malaysia maupun Singapura. Selain itu upaya dor to dor dari sekolah-sekolah atau perusahaan-perusahaan, media televise, brosur dan DVD. Kesimpulannya adalah bahwa komunikasi pemasaran Wisata Pendidikan ”Kampoeng Kidz” Kota Batu dilakukan cukup baik dengan melakukan pendekatan terhadap wisatawan dan berorientasi pada kebutuhan pengunjung. Media komunikasi pemasaran Kampoeng Kidz dengan menggunakan berbagai media untuk dapat dikenal masyarakat secara luas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Apr 2016 04:12
Last Modified: 07 Apr 2016 04:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25285

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo