UMM Institutional Repository

VARIASI BAHASA PERDAGANGAN DI PASAR KERAMAT KABUPATEN SAMPIT (KALIMANTAN TENGAH)

HARYATI, SRI IKA (2014) VARIASI BAHASA PERDAGANGAN DI PASAR KERAMAT KABUPATEN SAMPIT (KALIMANTAN TENGAH). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sriikahary-38013-2-bab1.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sriikahary-38013-1-pendahul-n.pdf

Download (343kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian tentang variasi bahasa perdagangan di pasar Keramat Kabupaten Sampit. Penelitian ini menarik untuk dilakukan karena banyaknya bahasa yang digunakan di pasar tersebut. Jika di suatu pasar di daerah Jawa khususnya Malang hanya menggunakan dua atau tiga bahasa dalam berkomunikasi, di pasar Keramat Sampit terdapat lima bahasa yang digunakan untuk berkomunikasi yaitu bahasa Jawa, Banjar, Madura, Dayak dan Indonesia. Adapun permasalahan yang ingin diteliti adalah (1) bagaimanakah bentuk variasi bahasa para pedagang dan pembeli dari segi penutur di pasar Keramat Kabupaten Sampit? dan (2) bagaimanakah fungsi variasi bahasa para pedagang dan pembeli di pasar Keramat Kabupaten Sampit?.p Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa pernyataan atau tuturan para pedagang dan pembeli pada saat proses jual beli berlangsung kemudian ditranskripkan menjadi data tertulis. Sumber data penelitian ini para pedagang dan pembeli yang sedang melakukan proses jual beli di pasar Keramat Sampit. Teknik pengumpulan data yang digunakan a) teknik simak, b) teknik rekam, c) teknik catat dan d) teknik wawancara. Analisis data dilakukan dengan cara pemakaian tabel yang dilakukan melalui pengelompokkan data, menemukan pola, serta mendeskripsikan dan terakhir menyimpulkan data yang diperoleh. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil. Pertama, penggunaan variasi bahasa dari segi penutur diitemukan beberapa bentuk variasi, (a) idiolek: di pasar Keramat Sampit tidak ditemui idiolek dari para pedagang dan pembeli, hanya ada satu pembeli yang memiliki ciri khas yaitu selalu menggunakan kata mmm sebelum berbicara, (b) dialek: para pedagang dan pembeli sebagian memiliki dialek Banjar yang di dalamnya terdapat ciri khas imbuhan kata yaitu ja, kah, lah,ae, dan be, kemudian sebagian lagi memiliki dialek Jawa yang di dalamnya terdapat ciri pemakaian kata imbuhan ta, ae dan a, (b) sosiolek: status sosial pedagang dan pembeli memiliki kelas sosial yang setara dan masuk pada golongan menengah, para pembeli memiliki pekerjaan yang berbeda-beda kebanyakan pembeli adalah seorang perempuan, memiliki pekerjaan sebagai ibu rumah tangga dan sudah menikah, (c) kelamin: para pedagang dan pembeli di pasar Keramat 80 persen dilakukan oleh kaum perempuan dan 20 persen oleh laki-laki, (d) umur: para pedagang di pasar Keramat masuk pada kelompok umur 16-43 tahun, sedangkan para pembeli masuk pada kelompok umur 20-40 tahun. Kedua, variasi bahasa perdagangan di pasar Keramat Sampit yang ditemukan memiliki empat fungsi yaitu (1) fungsi personal, (2) fungsi directive, (3) fungsi fatik, dan (5) fungsi referensial.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Apr 2016 03:53
Last Modified: 07 Apr 2016 03:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25272

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo