UMM Institutional Repository

ANALISIS NILAI-NILAI MORAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PERAHU KERTAS KARYA DEWI LESTARI

ASTRINI, DIAH RETNO (2015) ANALISIS NILAI-NILAI MORAL TOKOH UTAMA DALAM NOVEL PERAHU KERTAS KARYA DEWI LESTARI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diahretnoa-38840-1-pendahul-n.pdf

Download (371kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-diahretnoa-38840-2-babi.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Karya sastra pada dasarnya merupakan sebuah ciptaan dan kreasi yang bukan semata-mata sebuah imitasi. Karya sastra merupakan bentuk dan hasil sebuah pekerjaan kreatif, yang pada hakikatnya adalah suatu media yang mendayagunakan bahasa untuk mengungkapkan tentang kehidupan manusia. Oleh karena itu, sebuah karya sastra pada umumnya berisi tentang permasalahan yang melingkupi kehidupan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Novel merupakan karya sastra yang menghadirkan berbagai gambaran kehidupan manusia yang dituangkan oleh pengarang dalam bentuk tulisan. Dalam novel digambarkan suatu kejadian atau peristiwa yang seolah-olah benar terjadi seperti dalam kehidupan nyata, konflik yang terdapat dalam novel merupakan imajinasi seorang pengarang yang memiliki ide-ide kreatif berdasarkan realita yang ada. Salah satu karya sastra yang mendapat komentar positif dari pembaca adalah novel Perahu Kertaskarya Dewi Lestari. Oleh karena itu, penelitian ini penelitian ini memanfaat kan novel Perahu Kertas untuk diteliti para tokoh dari segi nilai moral. Penelitian ini mendeskripsikan (1) nilai moral individu, (2) nilai moral sosial, dan (3) nilai moral religi yang terdapat dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari ini. Penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi. Data dalam penelitian ini adalah satuan cerita yang berbentuk dialog antar tokoh. Satuan cerita yang dijadikan data berupa kutipan novel dalam bentuk dialog antar tokoh, penjelasan pengarang, serta komentar-komentar tokoh lain yang menunjukkan perilaku, pikiran, dan tindakan tokoh yang mengandung nilai moral. Sumber data penelitian ini adalah novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari, cetakan pertama yang diterbitkan pada tahun 2009 oleh PT. Trudee Pustaka Sejati dan Bentang Pustaka Bandung. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai moral yang terkandung dalam novel Perahu Kertasadalah nilai moral individu, nilai moral sosial, nilai moral religi. Nilai moral inidvidu meliputi sikap jujur dan kerja keras. Nilai moral sosial meliputi kerjasama dan menghormati orang lain. Nilai moral religi meliputi tolong menolong dan ikhlas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Apr 2016 03:43
Last Modified: 07 Apr 2016 03:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25262

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo