UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN JAS MPNBM PADA SISWA KELAS XI SMK WIDYA DHARMA MALANG TAHUN AJARAN 2012/2013

Khrisnawati, Putri Ayu (2015) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS PARAGRAF NARATIF MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN JAS MPNBM PADA SISWA KELAS XI SMK WIDYA DHARMA MALANG TAHUN AJARAN 2012/2013. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putriayukh-38840-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-putriayukh-38840-2-bab1.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Jas MPNBM (Menulis Patagraf Naratif Berdasarkan Masalah) adalah metode pembelajaran yang mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual. Kooperatif tipe Jas MPNBM dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual. Metode Jas MPNBM didapatkan dari inspirasi mengenai pengajaran berbasis alam atau lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mendeskripsikan penerapan model Jas MPNBM pada materi menulis paragraf naratif pada siswa kelas XI SMK Widya Dharma Malang tahun ajaran 2013/2014, dan (2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar menulis paragraf naratif pada siswa kelas XI SMK Widya Dharma Malang dengan model Jas MPNBM tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini berbentuk kuantitatif yang kemudian dideskripsikan menjadi kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis yang meliputi beberapa komponen yaitu reduksi data, pengamatan, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Prosedur penelitian dalam hal ini dibagi menjadi dua siklus. Penerapan model pembelajaran Jas MPNBM dilakukan dua kali pertemuan pada setiap siklus. Pada setiap pertemuan di dalam siklus peneliti melakukan beberapa hal yaitu; penelitian, penerapan, observasi, dan refleksi. Hal ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Jas MPNBM. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam pelaksanaan model pembelajaran Jas MPNBM yaitu, (1) dalam penerapan model pembelajaran Jas MPNBM siswa mampu menerapkan dengan baik. Hal ini dapat dilihat dari antusiasme siswa ketika proses belajar mengajar berlangsung. Selain itu, proses belajar mengajar dengan menggunakan model pembelajaran Jas MPNBM mampu menjadikan siswa lebih aktif dan komunikatif karena siswa berkomunikasi dengan masyarakat yang ada di lingkungan sekolah dan alam sekitar, dan (2) Berdasarkan hasi analisis mengenai proses kegiatan belajar mengajar pada siklus pertama mengalami peningkatan. Siswa yang tuntas adalah sebanyak 10 dan yang tidak tuntas sebanyak 23 siswa. Data sesudah dilakukan penerepan model pembelajaran Jas MPNBM diketahui bahwa siswa yang tuntas sebanyak 21 dan yang belum adalah 12. Hal ini dapat dilihat bahwa secara keseluruhan tingkat keberhasilan mencapai 60%. Selain itu pada siklus kedua ketuntasan siswa pada siklus kedua ini adalah sebanyak 29 siswa dan 4 siswa masih perlu memperbaiki lagi tugas mengenai menulis paragraf naratif. Secara prosentase tingkat ketuntasan adalah adalah 87 % dan 13 % tidak lulus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Apr 2016 03:41
Last Modified: 07 Apr 2016 03:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25260

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo