UMM Institutional Repository

PEMILIHAN PEMASOK BAHAN BAKU KAYU HANDLE RAKET DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALITICAL HIERARCHY PROCESS(F-AHP) (Studi Kasus : Perusahaan Raket “ABADI” Malang)

PANGESTU, YOFA (2015) PEMILIHAN PEMASOK BAHAN BAKU KAYU HANDLE RAKET DENGAN MENGGUNAKAN METODE FUZZY ANALITICAL HIERARCHY PROCESS(F-AHP) (Studi Kasus : Perusahaan Raket “ABADI” Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yofapanges-38476-1-pendahul-..pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yofapanges-38476-2-babi.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Perusahaan Raket Abadi yang berlokasi di jalan Klayatan adalah perusahaan yang bergerak di bidang manufaktur, dimana output yang di hasilkan berupa peralatan olahraga. Saat ini Perusahaan Raket Abadi sedang menghadapi permasalahan dengan sejumlah pemasok yang memasok item handle raket berupa kayu. Sebagai contoh dari sudut kualitas beberapa dari pemasok memiliki kualitas kayu yang kurang terlalu baik namun harga lebih murah di bandingkan pemasok lain, , kemudian beberapa pemasok lainnya memiliki kualitas produk yang bagus namun pemasok tersebut melebihi lead time dalam pengiriman produk yang telah di sepakati sehingga keterlambatan memasok material yang nantinya akan menghambat proses produksi. Dengan adanya permasalahan tersebut, Perusahaan Raket Abadi dituntut harus melakukan evaluasi pemasok dan memilih pemasok mana yang sebaiknya dipilih dengan melihat batasan kapasitas dan berbagai karakteristik dari pemasok. Untuk itu pengambilan keputusan dalam pemilihan pemasok yang tepat sangat penting. Berdasarkan permasalahan ini peneliti mencoba memberikan alternatif pemecahan masalah pengambilan keputusan dengan mengintegrasikan F-AHP merupakan penggabungan dari teknik AHP dengan pendekatan konsep logika fuzzy. Walaupun AHP biasa digunakan dalam menangani kriteria kualitatif dan kuantitatif pada MCDM namun fuzzy AHP dianggap lebih baik dalam mendeskripsikan keputusan yang samar-samar dari pada AHP. dan pemasok prioritas yang terpilih adalah pemasok A (P_A) dengan bobot tertinggi yaitu 0,389. Namun, hasil keputusan ini hanya sebagai rekomendasi untuk perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 07 Apr 2016 03:19
Last Modified: 07 Apr 2016 03:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25241

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo