UMM Institutional Repository

MEMBONGKAR SIMBOL ILLUMINATI DALAM VIDEO KLIP POP KOREA Analisis Semiotika Pada Video Klip "I'm the Best" 2Ne1, "Mama" Exo, "fantastic baby" Bigbang

CANDRA, RISTIAN GALUH AYU (2014) MEMBONGKAR SIMBOL ILLUMINATI DALAM VIDEO KLIP POP KOREA Analisis Semiotika Pada Video Klip "I'm the Best" 2Ne1, "Mama" Exo, "fantastic baby" Bigbang. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ristiangal-36745-1-pendahul-n.pdf

Download (874kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ristiangal-36745-2-babi.pdf

Download (290kB) | Preview

Abstract

Korean Pop memberikan pengaruh yang kuat di masyarakat luas, khususnya di kalangan anak muda, sampai ada sebutan Kpop Lover (sebutan untuk penggemar Korea), mereka menggandrungi segala hal berbau Korea, bukan hanya sebatas lagu saja tapi juga merambah ke dunia fashion, style rambut dan gaya bicara mereka juga menjadi tren saat ini. Demam Kpop ini ternyata terjadi di seluruh Negara. Dari fenomena Kpop diatas, dilihat dari pengaruhnya musik yang merupakan dunia hiburan yang sangat berpotensi menjadi ajang penyebaran Illuminati, maka peneliti ingin melakukan penelitian lebih lanjut terkait adanya Illuminati yang mulai memasuki dunia hiburan di industri musik, yaitu melalui video klip Korea. Illuminati adalah nama persaudaraan tertutup yang keberadaannya di yakini tetap ada hingga saat ini, yang tujuannya untuk mengguasai dunia dan menghapus seluruh agama menjadi satu tatanan dunia baru yang di sebut "New World Order". Berangkat dari kecurigaan peneliti bahwa adanya upaya kaum zionis atau Illuminati untuk menunjukan identitas mereka kepada dunia melalui video klip "I'm the Best" 2Ne1, "Mama" Exo, "fantastic baby" Bigbang. Dalam penelitian ini peneliti ingin membongkar bagaimana makna Illuminati yang ada di dalam video klip "I'm the Best" 2Ne1, "Mama" Exo, "fantastic baby" Bigbang. Metode yang di gunakan melalui pendekatan kualitatif dengan paradigma kritis, melalui analisis dengan menggunakan teori semiotik, teori ini sangat membantu peneliti dalam menelaah arti kedalaman suatu bentuk komunikasi dan mengungkap makna yang ada di dalamnya. Sederhananya semiotika itu adalah ilmu yang mempelajari tentang tanda. Semiotika analisis ini dengan menggunakan semiotika Roland Barthes yaitu semiotika yang mencakup denotasi (makna sebenarnya sesuai kamus) dan konotasi (makna ganda yang lahir dari pengalaman kultural dan personal). Peneliti melihat bahwa video klip pop Korea yaitu pada video klip "I'm the Best" 2Ne1, "Mama" Exo, "fantastic baby" Bigbang menunjukan identitas Illuminati melalui simbol-simbol Illuminati yang di munculkan berdasarkan misi khusus dari Illuminati. Illustrasi gambar berupa Hexagram, Pentagram, Unfinished Pyramid, Tree Of Life, Phoenix, Unicorn, Rosy Cross, 666 atau Mudra merupakan simbol-simbol Illuminati yang di munculkan dalam video klip pop Korea tersebut. Teknik pengumpulan data di peroleh secara langsung dari objek yang diteliti dengan mengamati dan mencatat secara sistematis. Sebagai pendukung peneliti juga melakukan capture terhadap beberapa shot yang teridentifikasi sebagai simbol-simbol Illuminati dalam video klip tersebut. Peneliti membongkar dengan mendeskripsikan makna-makna yang ada dalam visualisasi video klip tersebut dengan meliputi bahasa kamera (pengambilan gambar dari kamera yang dilakukan), penanda penyunting, penanda kamera, penanda gambar dan makna-makna lain yang bisa di maknai oleh peneliti dan menganalisis tanda berupa tanda-tanda yang ada dan kemudian dimaknai oleh peneliti menggunakan analisis semiotika Roland barthes yaitu dari denotasi dan konotasinya. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa dalam video klip "I'm the Best" 2Ne1, "Mama" Exo, "fantastic baby" Bigbang terdapat adanya simbol Illuminati yaitu sebuah kepercayaan dimana penganutnya melakukan ritual pemujaan setan. Setelah melakukan penelitian ini diharapkan masyarakat dan penikmat video klip Korea dapat mengambil sisi positifnya dan lebih berhati-hati dengan paham-paham baru yang disampaikan melalui media massa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Apr 2016 04:07
Last Modified: 23 Feb 2018 02:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25232

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo