UMM Institutional Repository

ANALISIS SEMIOTIK BAHASA KAJAT PADA TRADISI TINGKEBAN YANG DIUCAPKAN OLEH SESEPUH MASYARAKAT JAWA DESA YOSOMULYO KABUPATEN BANYUWANGI

HERMAWAN, ERICK VITMAY (2014) ANALISIS SEMIOTIK BAHASA KAJAT PADA TRADISI TINGKEBAN YANG DIUCAPKAN OLEH SESEPUH MASYARAKAT JAWA DESA YOSOMULYO KABUPATEN BANYUWANGI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-erickvitma-35726-2-babi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-erickvitma-35726-1-pendahul-n.pdf

Download (863kB) | Preview

Abstract

Tradisi kendurian yang masih dijalankan oleh masyarakat Yosomulyo sebagai kegiatan dalam mencapai suatu keselamatan. Pada tradisi ini dipimpin oleh sesepuh adat, yang mengucapkan doa melalui pemaknaan dari setiap sajian sebagai pengharapan keluarga yang punya hajat. Bahasa yang digunakannya adalah bahasa Jawa, secara konvensi dipahami oleh kelompok masyarakat melalui tanda-tanda. Berdasarkan kegiatan yang dilakukan oleh sesepuh adat dalam tradisi ini, kiranya analisis semiotik tepat untuk digunakan yaitu melalui tanda dan penanda bahasa tersebut akan dapat dipahami. Tujuan penelitian yang akan disampaikan yaitu mendeskripsikan bahasa kajat dengan berupaya menemukan tanda dan penandanya. Serta yang ke dua untuk mendeskripsikan fungsi makna tersebut berdasarkan tanda dan penandanya. Metode peneletian yang digunakan adalah melalui deskriptif. Pendekatan yang dilakukan dengan menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai apa adanya. Sumber data didapat dari Desa Yosomulyo, Kecamatan Gambiran Kabupaten Banyuwangi sebagai tempat berlangsungnya tradisi kendurian dalam tingkeban. Pengelompokan data berdasarkan observasi langsung dan wawancara terstruktur. Analisis data menggunakan pengelompokan berdasarkan makna dan fungsi, didapatkan dari penunjukkan hasil wawancara dan temuan berdasarkan observasi langsung. Serta terdapat tabel penjaring data, berfungsi untuk memudahkan analisis peneliti. Makna bahasa kajat dengan analisis semiotik, melalui perantara tanda dan penanda. Konsep tanda yang menggunakan interpretasi dan referensi berdasarkan konvensi masyarakat bahasa. Terdapat tanda yang berupa tanda yang menginformasikan sesuatu, tanda yang bermakna informasi dan menunjuk subjek informasi, tanda yang merupakan iferens seseorang terhadap sesuatu berdasarkan alasan tertentu, tanda yang menginformasikan norma atau hukum. Pada fungsi bahasa, sebagai bentuk bagian dalam mempengaruhi orang lain. Fungsi bahasa kajat dapat dikelompokkan berdasarkan fungsi interaksi dan heuristik. Kesimpulan peneliti yaitu bahasa yang secara konvensi ditetapkan oleh masyarakat, suatu bahasa akan memiliki makna dan fungsi sebagai bentuk interaksi dalam berkomunikasi, dan semiotika mempelajari ilmu tanda dan penanda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Apr 2016 03:04
Last Modified: 07 Apr 2016 03:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25231

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo