UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI KAUM BLATER DALAM MEMPERTAHANKAN TRADISI MADURA (Studi pada kaum blater didesa Tobungan, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan)

ANGGARA, RUDY FERDITA ARI (2014) KOMUNIKASI KAUM BLATER DALAM MEMPERTAHANKAN TRADISI MADURA (Studi pada kaum blater didesa Tobungan, Kecamatan Galis, Kabupaten Pamekasan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rudyferdit-36748-1-pendahul-n.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rudyferdit-36748-2-babi.pdf

Download (28kB) | Preview

Abstract

Penelitian tentang tradisi yang ada didalam masyarakat Madura sangat menarik untuk dikaji. Salah satu tradisi atau kebiasaan masyarakat Madura yang sampai saat ini masih berlangsung dan masih ada kaitannya dengan carok adalah menyelenggarakan semacam pesta yang disebut remo. Tujuan dari penelitian ini antara lain adalah untuk mengetahui bagaimana kaum blater dalam mempertahankan tradisi yang terjadi pada masyarakat Madura. Selain itu terdapat beberapa hal dalam berhubungan di masyarakat Madura yang menarik dalam menjaga tradisi maupun seni budaya yang sudah ada dari dulu dan sering kali diterapkan oleh masyarakat Madura, sehingga dengan ini penulis ingin menjawab dua persoalan yang penting. Bagaimana cara berkomunikasi antar kaum blater sendiri dalam mempertahankan tradisi Madura yang ada dan menjadi sebuah identitas masyarakat disuatu daerah dan media apa yang digunakan dalam setiap berhubungan. Untuk menjawab pertanyaan diatas, maka metode penelitian yang penulis gunakan adalah penelitian kualitatif dan tipe penelitian deskriptif pada kaum blater itu sendiri untuk mengetahui lebih dalam lagi komunikasi apa yang digunakan oleh kaum blater. Dalam memperkuat hasil analisis yang diperoleh peneliti melibatkan teori komunikasi tentang identitas untuk menghubungkan dengan yang diproleh peneliti. Lewat analisis tersebut akan dihasilkan sebuah kesimpulan salah satunya bahwa dengan komunikasi antar pribadi yang dilakukan oleh kaum blater membuat rasa persaudaraan semakin erat, sehingga dapat meminimalisir gesekan dan mengetahui identitas seorang blater, dimana sangat memiliki peran penting dengan terjadinya carok. Selain itu handphone juga sering digunakan sebagai media komunikasi jarak jauh dalam berhubungan. Sedangkan dalam mengumpulkan kaum blater sendiri media yang digunakan dengan mengadakan remo. Dimana, remo itu sendiri juga merupakan media yang sering kali digunakan untuk mengadakan perkumpulan untuk selalu menjalin komunikasi agar tidak pernah putus dan remo juga sering kali digunakan sebagai media terjadinya pekerjaan yang menguntungkan antar kaum blater. Oleh karena itu, kaum blater itu sendiri sering kali berkomunikasi dari adanya pekerjaan yang mengikatkan mereka agar terus berhubungan. Dalam kehidupan masyarakat Madura komunikasi merupakan peran yang sangat penting agar rasa persaudaraan tetap terjalin dan selalu ada rasa tolong menolong dalam hal apapun.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Apr 2016 02:56
Last Modified: 07 Apr 2016 02:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25218

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo