UMM Institutional Repository

ANALISIS ALIH KODE BAHASA GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP NU BAHRUL ULUM GRESIK

A'YUN, NELA QURROTA (2014) ANALISIS ALIH KODE BAHASA GURU PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SMP NU BAHRUL ULUM GRESIK. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nelaqurrot-35817-2-bab1.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nelaqurrot-35817-1-1.penda-n.pdf

Download (342kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang alih kode bahasa guru pada pembelajaran bahasa Indonesia. Bahasa guru pada pembelajaran tersebut merupakan bahasa yang menarik untuk dianalisis, karena di dalam pembelajaran, guru menggunakan dua bahasa. Hal tersebut dilakukan dengan tujuan agar siswa lebih paham mengenai materi dalam pembelajaran. Adapun permasalahan penelitian ini mencakup (1) wujud alih kode bahasa guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP NU Bahrul Ulum Gresik, (2) faktor penyebab alih kode bahasa guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP NU Bahrul Ulum Gresik, dan (3) fungsi alih kode bahasa guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP NU Bahrul Ulum Gresik. Tujuan penelitian ini yaitu (1) memperoleh deskripsi wujud alih kode bahasa guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP NU Bahrul Ulum Gresik, (2) memperoleh penjelasan faktor yang mendorong alih kode bahasa guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP NU Bahrul Ulum Gresik, dan (3) memperoleh deskripsi fungsi alih kode bahasa guru pada pembelajaran bahasa Indonesia di SMP NU Bahrul Ulum Gresik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan berupa kata-kata tuturan guru yang menunjukkan wujud alih kode, faktor penyebab alih kode, dan fungsi alih kode. Sumber data dalam penelitian ini yaitu teks lisan guru bahasa Indonesia. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan rumusan masalah yaitu (1) wujud alih kode ada dua yaitu dari bahasa Indonesia ke bahasa Jawa dan dari bahasa Jawa ke bahasa Indonesia dalam bentuk kata, klausa, dan kalimat, guru juga menggunakan bahasa Inggris sekali-kali untuk penyegaran suasana, (2) faktor penyebab alih kode ada dua yaitu faktor dalam pembelajaran meliputi participants, kedwibahasaan atau kemultibahasaan, topik pembicaraan, tujuan berbicara, situasi, dan keluwesan berkomunikasi dan faktor luar pembelajaran meliputi usia guru 59 tahun, usia siswa rata-rata 13 tahun, asal daerah guru dari Surabaya, dan asal daerah siswa dari Surabaya dan Gresik, dan (3) fungsi alih kode ada tujuh yaitu untuk mempermudah penjelasan, untuk mengakrabkan diri, untuk mempermudah pemahaman, untuk menyampaikan gagasan, untuk memelihara hubungan interpersonal, penguatan ekspresi humor, dan penguatan ekspresi marah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Apr 2016 02:33
Last Modified: 16 Jan 2018 07:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25209

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo