UMM Institutional Repository

KONFLIK SOSIAL ANTARETNIK PADA NOVEL MEMANG JODOH KARYA MARAH RUSLI

HASANAH, USWATUN (2014) KONFLIK SOSIAL ANTARETNIK PADA NOVEL MEMANG JODOH KARYA MARAH RUSLI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-uswatunhas-35818-2-babi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-uswatunhas-35818-1-pendahul-n.pdf

Download (594kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji konflik sosial antaretnik dalam novel Memang Jodoh karya Marah Rusli dengan teori konflik sosial. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini , yaitu: (1) bagaimana bentuk konflik sosial antaretnik yang dilukiskan pada novel Memang Jodoh karya Marah Rusli (2) bagaimana sumber penyebab konflik sosial antaretnik yang dilukiskan pada novel Memang Jodoh karya Marah Rusli (3) bagaimana penanganan konflik sosial antaretnik yang dilukiskan pada novel Memang Jodoh karya Marah Rusli. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan objek kajian berupa interaksi manusia yang mengalami konflik sosial. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Peneliti mendeskripsikan data-data berupa satuan kata, kalimat, maupun paragraf dengan menggunakan teori konflik sosial antaretnik. Berdasarkan hasil kajian yang diperoleh peneliti dalam novel Memang Jodoh karya Marah Rusli terdiri atas tiga kategori. Pertama konflik sosial antaretnik yang terbagi menjadi dua bentuk konflik, yaitu konflik individu dengan inidividu dan konflik individu dengan kelompok. Kedua penyebab konflik yang terbagi menjadi tiga, yaitu adanya perbedaan perasaan dan pendapat pada individu, perbedaan latar belakang dan kebudayaan, dan perbedaan kepentingan. Ketiga penanganan konflik yang berupa penghindaran dan negosiasi. Konflik individu dengan individu terjadi pada tokoh Anjani dengan Sutan Bendahara, Hamli dengan Anjani, Fatimah dengan Khadijah, Patih Anggawinata dengan Din Wati. Konflik kedua konflik individu dengan kelompok terjadi pada tokoh Julaikha dengan keluarga Sutan Melano dan antara Hamli dengan keluarga beserta masyarakat Padang. Adat Padang menjadi sumber penyebab konflik karena adat Padang memiliki perbedaan yang sangat mencolok terutama dalam masalah perkawinan. Perkawinan sesuku menjadi perkawinan yang ideal, sedangkan perkawinan yang berbeda suku akan menjadi hinaan bagi keluarga. Adanya beberapa tokoh yang menikah secara berbeda adat menyebabkan terjadinya konflik antaertnik. Dalam penangan konflik antaretnik, Hamli sebagai tokoh utama berupaya menghapus adat Padang melalui negosiasi yang diungkapkan kepada para tokoh yang terlibat konflik. Selain itu, para tokoh sampingan baik Anjani, Julaikha, Ratu Maimunah dan semua tokoh yang terlibat konflik juga melakukan negosiasi demi terbentuknya penyelesaian konflik. Marah Rusli mengkritik adat Padang melalui tokoh Hamli yang sangat menentang adat Padang yang difungsikan untuk mempersatukan etnik Padang dengan Jawa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Apr 2016 02:32
Last Modified: 07 Apr 2016 02:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25207

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo