UMM Institutional Repository

PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE BALANCE SCORECARD (Studi Kasus Pada CV. Bintang Mas - Purwosari)

A’ Yuni, Kurroti (2014) PERANCANGAN PENGUKURAN KINERJA DENGAN METODE BALANCE SCORECARD (Studi Kasus Pada CV. Bintang Mas - Purwosari). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kurrotiayu-37758-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kurrotiayu-37758-2-babi.pdf

Download (34kB) | Preview

Abstract

Sistem pengukuran kinerja adalah sekumpulan matrik yang terstruktur dan prosedur-prosedur yang digunakan untuk mengkuantifikasi efisiensi dan efektivitas suatu aktivitas. Tujuan utama sistem pengukuran kinerja adalah untuk memotivasi personel dalam mencapai sasaran organisasi dan dalam mematuhi standar perilaku yang telah ditetapkan sebelumnya, agar membuahkan tindakan dan hasil yang diinginkan. Adapun permasalahan yang dihadapi CV. Bintang Mas - Purwosari yaitu penurunan omset dikarenakan adanya komplain dari pelanggan masih terdapatnya produk cacat, pengiriman pesanan kurang tepat waktu, serta masih adanya kecelakaan kerja. Metode yang digunalan untuk menelaah masalah ini adalah dengan penilaian kinerja berdasarkan pendekatan kekuatan Balance Scorecard. Dari perancangan sistem pengukuran kinerja pada CV. Bintang Mas - Purwosari dengan menggunakan metode Balance Score Card menghasilkan : 1). untuk perspektif keuangan mempunyai 3 tujuan strategis dan memiliki 4 KPI, perspektif pelanggan mempunyai 3 tujuan strategi dan memiliki 3 KPI, perspektif proses bisnis internal mempunyai 5 tujuan strategis dan memiliki 11 KPI, dan perspektif belajar dan pertumbuhan mempunyai 4 tujuan strategis dan memiliki 4 KPI. 2)Pengukuran Kinerja dengan metode OMAX dan TLS di CV. Bintang Mas - Purwosari didapatkan hasil yaitu terdapat 13 KPI. yang berwarna hijau yang berarti KPI telah sesuai target yang telah ditentukan, terdapat 8 KPI yang berwarna kuning yang berarti KPI telah mencapai target rata-rata namun pihak manajemen harus melakukan perbaikan untuk meningkatkan kinerja pada periode berikutnya, dan terdapat 1 KPI yang berwarna merah yang berarti KPI belum mencapai target rata-rata dan harus dimonitor perkembangannya dan pihak manajemen perlu melakukan perbaikan secepatnya untuk meningkatkan kinerja pada periode berikutnya Dengan demikian hasil rancangan sistem pengukuran kinerja yang dibuat oleh peneliti layak untuk diterapkan perusahaan guna mengembangkan bisnis serta perubahan strategi bisnis yang dilakukan perusahaan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering > Department of Industrial Engineering (26201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 07 Apr 2016 02:21
Last Modified: 07 Apr 2016 02:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25196

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo