UMM Institutional Repository

PESAN PROSOSIAL DAN ANTISOSIAL DALAM FILM (Analisis Isi Pada Film “Minggu Pagi di Victoria Park” Karya Lola Amaria)

PUTRA, TOMI PERMATA KASUMA (2014) PESAN PROSOSIAL DAN ANTISOSIAL DALAM FILM (Analisis Isi Pada Film “Minggu Pagi di Victoria Park” Karya Lola Amaria). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tomipermat-36753-1-pendahul-n.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-tomipermat-36753-2-babi.pdf

Download (333kB) | Preview

Abstract

Film dapat menggambarkan atau sebagai potret dari masyarakat, kemudian diproyeksikan ke atas layar. Film yang diproduksi memiliki pesan-pesan didalam ceritanya yang dikemas sedemikian rupa dengan tujuan yang berbeda-beda, ada yang menghibur dan memberi informasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja pesan prososial dan antisosial yang muncul pada film Minggu Pagi di Victoria Park dan berapa banyak frekwensi pesan prososial dan antisosial dalam film Minggu Pagi di Victoria Park. Tujuan penelitian untuk mengetahui pesan prososial apa saja yang muncul dan untuk mengetahui seberapa besar frekwensi pesan yang terdapat dalam film Minggu Pagi di Victoria Park. Penelitian ini menggunakan teori sumber sebagai dasar acuan untuk mengamati dan mendeskripsikan porsi proporsi pesan sosial yang terdapat dalam film Minggu Pagi di Victoria Park. Penelitian ini menggunakan metode analisis isi dengan perangkat statistik deskriptif . Tujuan dari analisis isi adalah merepresentasikan kerangka pesan secara akurat. Penelitian ini menggunakan unit analisis dialog dan adegan sebagai bagian penting dari sebuah film, dengan struktur kategori berupa prososial dengan indikator persahabatan, indikator menolong dan indikator berbagi. Kategori kedua adalah antisosial dengan indikator permusuhan, indikator berbohong dan indikator kata-kata kasar. Kedua kategori tersebut muncul sebagai bagian dari pesan sosial. Penelitian ini menggunakan satuan ukur durasi per scene, kemunculan scene yang mengandung unsur pesan prososial dan antisosial. Penelitian menunjukkan bahwa pesan prososial dalam film Minggu Pagi di Victoria Park adalah sebanyak 31 scene sebagai total kemunculan scene yang diamati. Film ini lebih mengedepankan pada kategori prososial sebanyak (67,44 %), dengan rincian Indikasi Kerjasama 4 scene (9,30 %), indikasi menolong 6 scene ( 13,95 %), indikasi berbagi 11 scene (25,58 %), indikasi kejujuran 7 scene (16,28%) dan indikasi kedermawanan 1 scene (2,33%). Sedang dalam kategori antisosial dengan porsi sebanyak 14 scene dengan rincian, indikasi kekerasan 4 scene (9,30 %), indikasi perilaku konsumtif sebanyak 3 scene (6,98 %) dan indikasi kata-kata kasar sebanyak 7 scene (16,28 %). Melihat banyaknya Kategori Prososial yang muncul, memperlihatkan pada film ini menonjolkan adanya kebersamaan daripada saling melukai. Kesimpulan dari penelitian menunjukkan pesan sosial dalam film ini mengungkapkan bahwa setiap manusia disadari atau tidak pasti pernah melakukan tindakan prososial dan tindakan antisosial. Kedua tindakan bisa muncul karena latar belakang dari seseorang tersebut. Dalam film ini adalah kategori prososial yang sering muncul bisa di artikan bahwa film ini tidak hanya menunjukan kekerasan yang terjadi pada Tenaga Kerja Indonesia, tapi kebersamaan dan saling tolong menolong antar sesama serta mampu membentuk solidaritas dalam menyelesaikan segala permasalahan yang terjadi yang lebih di tonjolkan pada film.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Apr 2016 02:20
Last Modified: 07 Apr 2016 02:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25195

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo