UMM Institutional Repository

STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS SMA SELAMAT PAGI INDONESIA (Studi Pada Humas SMA Selamat Pagi Indonesia Batu)

Zamrud, Uswatun Hasanah (2014) STRATEGI MEDIA RELATIONS HUMAS SMA SELAMAT PAGI INDONESIA (Studi Pada Humas SMA Selamat Pagi Indonesia Batu). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-uswatunhas-36754-1-pendahul-n.pdf

Download (669kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-uswatunhas-36754-2-babi.pdf

Download (45kB) | Preview

Abstract

Humas merupakan bidang atau fungsi tertentu yang diperlukan oleh setiap lembaga atau organisasi, dan merupakan salah satu elemen yang menentukan kelangsungan suatu organisasi secara positif. Suatu lembaga akan berjalan jika adanya komunikasi dengan publiknya, salah satu kegiatan komunikasi humas dengan publiknya adalah melalui media dengan cara media relations. Dalam penelitian ini masalah yang diangkat adalah bagaimana strategi media relations yang digunakan humas SMA Selamat Pagi Indonesia. Sekolah ini merupakan sekolah gratis yang terletak di Kota batu, dimana murid - murid nya berasal dari hampir seluruh pulau di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan strategi media relationsyang digunakan humas SMA Selamat pagi Indonesia dalam menjalin hubungan dengan media dalam hal publikasi. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawanacara mendalam dan dokumentasi, dimana data yang didapatkan dilapangan dianalisis dengan cara mendiskirpsikan dan menjelaskan tetang fakta dan informasi sehingga yang menjadi tujuan dari penelitian ini dapat digambarkan secara jelas. Subjek dalam penelitian ini adalah wakil kepala sekolah SMA Selamat Pagi Indonesia bidang humas, dan dua informan yakni, wakil kepala sekolah bidang kurikulum serta wakil kepala sekolah bidang kesiswaan. Hasil penelitian pada humas SMA Selamat Pagi Indonesia menunjukan bahwa pihak humas tidak pernah mengundang media dalam melakukan publikasi. Terdapat 3 (tiga) cara dalam melakukan strategi media relations, yaitu : (1) Mengelola relasi, (2) Mengembangkan strategi, (3) Mengembangkan jaringan. Sehingga dalam menggunakan strategi media relations humas SMA Selamat Pagi Indonesia lebih menekan pada strategi mengelola relasi, artinya bahwa meski tidak mengundang media namun humas SMA Selamat Pagi Indonesia membina dan menjalin relasi yang baik dengan media, dan media publisitas yang digunakan humas untuk publikasi adalah televisi, koran dan radio.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Apr 2016 02:16
Last Modified: 07 Apr 2016 02:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25193

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo