UMM Institutional Repository

KENDALA PELAKSANAAN PENYULUHAN PERTANIAN DI DESA GEMAHARJO (StudiKasus di Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan)

YULIANA, ARI (2014) KENDALA PELAKSANAAN PENYULUHAN PERTANIAN DI DESA GEMAHARJO (StudiKasus di Desa Gemaharjo Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariyuliana-36846-1-pendahul-n.pdf

Download (732kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ariyuliana-36846-2-bab1.pdf

Download (111kB) | Preview

Abstract

Pemilihan judul ini berdasarkan suatu ketertarikan peneliti terhadap kegiatan penyuluhan terutama di Desa Gemaharjo. Karena saat ini kegiatan penyuluhan kurang begitu diminati oleh para petani itu sendiri. Sedangkan kebutuhan pangan dalam sektor pertanian semakin menjadi prioritas yang utama. Namun cenderung petani di negara kita ini lebih memilih cara bertani tradisional daripada mengikut sistem bertani modern. Sumber data berupa hasil wawancara kepada para anggota kelompok tani dan petugas penyuluhan di Desa Gemaharjo dengan memberikan quesioner secara langsung. Tujuan penelitian ini adalah a)Untuk mendeskripsikan kegiatan penyuluhan di Desa Gemaharjo b)Untuk mendeskripsikan kendala selama kegiatan penyuluhan pertanian di Desa Gemaharjo c)Untuk mengetahui Faktor-faktor penyebab munculnya berbagai kendala penyuluhan d)Untuk mendeskripsikan dampak kendala tersebut terhadap penyuluhan selama ini. Metode pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu menggambarkan atau mendefinisikan keadaan sesuai di lapang. Hasil dari penelitian ini bahwa banyak sekali kendala yang ada di dalam kegiatan penyuluhan, berupa kendala internal merupakan kendala dari para pelaku kegiatan penyuluhan tersebut antara petugas penyuluh dan petani di Desa Gemaharjo tersebut, adapula kendala eksternal yaitu kendala yang terdapat diluar pelaku kegiatan penyuluhan tersebut misalnya saja kurang adanya dukungan dari para aparat pemerintahan desa. Kendala tersebut yang akhirnya menjadikan kurang efisiensinya kegiatan penyuluhan pertanian di Desa Gemaharjo selama ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Faculty of Agriculture and Animal Husbandry > Department of Agribusiness (54201)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 07 Apr 2016 02:12
Last Modified: 07 Apr 2016 02:12
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25185

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo