UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN GAYA BAHASA SARKASME PADA PROGRAM (Analisis Wacana JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOCIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG TALK SHOW DI TELEVISI Kritis Pada Program "Mata Najwa" Di Metro TV Edisi 22 Agustus 2013)

Andini, Wina Putri (2014) PENGGUNAAN GAYA BAHASA SARKASME PADA PROGRAM (Analisis Wacana JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FAKULTAS ILMU SOCIAL DAN ILMU POLITIK UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG TALK SHOW DI TELEVISI Kritis Pada Program "Mata Najwa" Di Metro TV Edisi 22 Agustus 2013). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-winaputria-36756-1-pendahul-n.pdf

Download (846kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-winaputria-36756-2-babi.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penggunaan gaya bahasa dalam bahasa jurnalistik memberikan warna dan keindahan dalam penyajian informasi dan berita. Ini juga mempengaruhi bagaimana penerimaan akan informasi tersebut. Bahasa membawa ideologi didalamnya, sehingga penggunaan gaya bahasa dalam media berarti menyebarluaskan berbagai definisi pesan media dan representasi ideologis dominan ke dalam agenda pembicaraan. Talkshow Mata Najwa merupakan salah satu talkshow yang menggunakan gaya bahasa dalam menyajikan isi acaranya. Gaya bahasa sarkasme dari seorang Najwa Shihab memunculkan sikap skeptis peneliti dalam melihat penggunaan gaya bahasa sarkasme dan tujuan penggunaannya dalam acara tersebut. Objek yang dijadikan bahan penelitian adalah tayangan Mata Najwa edisi 22 Agustus 2013, 'Mendadak Capres'. Untuk menjawab permasalah yang muncul, maka metode penelitian yang tepat digunakan adalah analisis wacana kritis dengan model Norman Fairclough. Model Fairclogh membagi analisis menjadi 3 bagian yaitu analisis teks, discourse practice, dan socialcultural practice. Analisis teks terdiri dari 4 unsur analisis yaitu; representasi, relasi, identitas, dan intertekstualitas. Discourse practice menganalisis teks berdasarkan proses produksi dan konsumsi teks yang terjadi. Socialcultural practice menganalisis mengenai kondisi situasional, intitusional dan sosial yang terjadi baik didalam dan di luar media. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan tipe deskriptif. Ruang lingkup penelitian ini adalah tayangan Mata Najwa edisi 22 Agustus 2013 baik dari segi teks naskah, proses produksi teks, konsumsi teks hingga sosial budaya yang mempengaruhi teks tersebut. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa untuk analisis teks, representasi narasumber berdasarkan interpretasi peneliti menjadi negatif, penggunaan bahasa sarkasme dalam intertekstualitas teks ditujukan untuk memojokkan narasumber. Lalu hasil analisis discourse practice adalah proses produksi teks dilakukan oleh tim redaksi Mata Najwa, dimana pembutan naskah lebih dominan dari produser. Pada konsumsi teks yang terjadi adalah menarik banyak penonton dan pengiklan. ?? Serta para penonton terarah kepada opini yang diharapkan oleh tim redaksi. Untuk socialculture practice hasil analisis situasional yaitu kondisi saat itu mempengaruhi pengangkatan tema dan isi naskah program tersebut. Dari segi institusional, tayangan Mata Najwa 'Mendadak Capres' mendapatkan ratting yang tinggi dan spot iklan terpenuhi. Lalu untuk kondisi sosial, Metro TV mengedepankan berita mengenai Partai Nasdem, sehingga pemberitaan tidak objektif. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahasa sarkasame dalam tayangan Mata Najwa edisi 22 Agustus 2013 ditunjukan untuk merepresentasikan secara negatif narasumber yang diundang. Sikap redaksi dimasukkan dalam naskah program yang secara rangkum dapat dilihat pada segmen Catatan Najwa. Sehingga benar apabila penggunaan gaya bahasa membawa sebuah ideologi didalamnya. Ideologi yang ditunjukkan adalah ideologi dominan, yaitu pembentukan makna terhadap realitas berdasarkan kekuasaan tertinggi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Apr 2016 02:07
Last Modified: 22 Feb 2018 08:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25182

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo