UMM Institutional Repository

ANALISIS RETORIKA DALAM INTERAKSI JUAL-BELI DI PASAR PAYAMAN KABUPATEN LAMONGAN

KHOLILAH, NUR (2014) ANALISIS RETORIKA DALAM INTERAKSI JUAL-BELI DI PASAR PAYAMAN KABUPATEN LAMONGAN. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurkholila-35170-2-babi.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurkholila-35170-1-pendahul-n.pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

Retorika memiliki peranan yang sangat penting dalam setiap kegiatan bertutur. Dikatakan demikian karena retorika di satu pihak memberikan gambaran pemahaman yang lebih baik tentang manusia dalam hubungannya dengan kegiatan bertutur, sedangkan di pihak lain retorika membimbing orang membuat tuturannya lebih memikat, dan lebih meyakinkan. Retorika adalah salah satu penentu dalam keberhasilan tutur. Setiap orang yang bertutur sebenarnya terlibat dengan retorika. Penelitian ini membahas tentang fenomena retorika dalam perdagangan. Aspek yang dibahas dalam penelitian ini adalah ciri-ciri retorika dalam perdagangan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penggunaan pengecilan pembeli, (2) pemanfaatan kelemahan pembeli, (3) pengerabatan terhadap pembeli, (4) pembesar-besaran barang, dan (5) tuturan retorika pada pembeli dalam interaksi jual-beli di pasar Payaman Kabupaten Lamongan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif karena penelitian ini menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata yakni tuturan dari penjual dan pembeli. Data dalam penelitian ini berupa tuturan retorika dalam interaksi jual-beli di Pasar Payaman Kabupaten Lamongan. Data tuturan retorika yang dimaksud adalah berupa percakapan-percakapan yang dilakukan oleh penjual dan pembeli dalam interaksi jual-beli. Wujud data dalam penelitian ini adalah teks lisan. Teks lisan ini diperoleh dari hasil transkripsi interaksi jual-beli yang dilakukan oleh penjual dan pembeli. Sumber data dalam penelitian ini adalah penjual dan pembeli di Pasar Payaman Kabupaten Lamongan yang melakukan percakapan dalam interaksi jual-beli. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah human instrument. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah pentranskripsian data, pengklasifikasikan atau pengkodean data, mendeskripsikan data, menginterpretasikan data dan menyimpulkannya berdasarkan hasil analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penjual lebih banyak menggunakan retorika pembesar-besaran barang dan retorika pemanfaatan kelemahan pembeli dibandingkan dengan retorika pengecilan pembeli dan retorika pengerabatan terhadap pembeli ketika penjual melakukan interaksi jual-beli dengan pembeli. Adapun dalam penelitian ini ketika pembeli melakukan interaksi jual-beli pembeli juga bertutur dengan memanfaatkan retorika tujuannya untuk meyakinkan penjual, membujuk penjual, pemanfaatan kelemahan pembeli, dan pengecilan barang supaya pembeli bisa mendapatkan harga yang lebih murah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Apr 2016 01:53
Last Modified: 07 Apr 2016 01:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25176

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo