UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN IKLAN PRODUK PAKAIAN MELALUI MEDIA BLACKBERRY MESSENGER ONLINE SHOP TERHADAP TINDAKAN KONSUMSI (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang)

PARAMITA, YOAN (2014) PENGARUH TERPAAN IKLAN PRODUK PAKAIAN MELALUI MEDIA BLACKBERRY MESSENGER ONLINE SHOP TERHADAP TINDAKAN KONSUMSI (Studi pada Mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yoanparami-36757-1-pendahul-n.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yoanparami-36757-2-babi.pdf

Download (21kB) | Preview

Abstract

Hadirnya teknologi semakin mempermudah komunikasi antar individu dimanapun dan kapanpun tanpa terikat oleh ruang dan waktu. Manfaat besar dapat dirasakan pada sektor bisnis melalui perkembangan media online. Melalui media online, pembeli tidak perlu mengunjungi toko untuk berbelanja produk yang diinginkan. Akhirnya para pemasar berusaha mempengaruhi konsumen melalui komunikasi pada media online agar tertarik dan melakukan pembelian produknya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terpaan iklan produk pakaian melalui media blackberry messenger online shop berpengaruh terhadap tindakan konsumsi. Berdasarkan rumusan masalah,maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh terpaan iklan produk pakaian melalui media blackberry messenger online shop terhadap tindakan konsumsi. Ditinjau dari segi ilmu komunikasi, maka teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori AIDDA. Teori AIDDA merupakan teori yang digunakan untuk membantu perencanaan suatu iklan secara menyeluruh, dan formula ini dapat diterapkan pada suatu iklan hard – selling (Jefkins, 1995: 241). AIDDA adalah singkatan dari attention, interest, desire, decision, dan action. Sementara menurut (Azwar, dalam Paprindowati, 2011: 39) bahwa teori AIDDA jika ditinjau dari segi psikologinya, maka berdasarkan sikap kognitif, afektif, dan konatif. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Malang, dengan teknik accidental sampling.Berdasarkan perhitungan rumus (Djarwanto dan Subagyo,2000: 159) maka didapat 96 responden. Dimana 96 responden ini adalah minimum jumlah dalam pengambilan sampel,tetapi dalam penelitian ini peneliti mengambil 100 mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnin UMM yang memiliki blackberry smartphone sebagai responden karena jumlahnya berada di atas minimum rumus yang ditentukan. Alat ukur yang digunakan berupa kuesioner. Pengujian dilakukan melalui uji prasyarat statistik, yaitu: Uji Validitas (Koefisien Korelasi Product Moment), Uji Reliabilitas (Cronbach Alpha), dan Uji Normalitas (Kolmogorov Smirnov). Selanjutnya Uji Hipotesis yaitu: Uji Korelasi (Korelasi Product Moment), Uji Regresi (t – test), dan Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan Uji Korelasi Product Moment, terdapat korelasi secara signifikan, sedang, dan searah antara terpaan iklan produk pakaian melalui media BBM online shop dengan tindakan konsumsi. Sementara berdasarkan hasil Uji Regresi menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan antara terpaan iklan produk pakaian melalui media BBM online shop terhadap tindakan konsumsi. Pada hasil Uji Koefisien Determinasi diketahui bahwa sebesar 31,50% variabel tindakan konsumsi mampu dijelaskan oleh terpaan iklan produk pakaian melalui media BBM online shop. Kesimpulan dari penelitian ini yakni hasil penelitian ini mendukung hipotesis yang telah dikembangkan bahwa terdapat pengaruh terpan iklan produk pakaian melalui media BBM online shop terhadap tindakan konsumsi.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 Apr 2016 01:57
Last Modified: 07 Apr 2016 01:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25171

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo