UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CERIA (MIC) PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR

HERNANINGTYAS, IKHTIARI SEPTIYA (2014) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF CERIA (MIC) PEMBELAJARAN TEMATIK DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikhtiarise-37894-1-pendahul-n.pdf

Download (774kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ikhtiarise-37894-2-babi.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik di SD umumnya masih belum maksimal dalam menggunakan media pembelajaran. Berdasarkan studi pendahuluan yang dlakukan peneliti, diperoleh data bahwa siswa masih ada yang belum bisa membaca dan menulis, sehingga sulit dalam membaca materi, anak kadang tidak memperhatikan penjelasan guru, serta masih belum maksimal dalam menggunakan media, hanya sekitar 30% yaitu media gambar dan lingkungan. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk multimedia interaktif yang memiliki tingkat kevalidan sebagai kriteria media yang diharapkan pada tema keluargaku pokok bahasan tentang keluarga untuk siswa kelas I SD. Multimedia interaktif merupakan alat atau sarana pembelajaran yang materi, metode, batasan-batasan, dan cara mengevaluasi yang dirancang secara sistematis dan menarik untuk mencapai kompetensi atau sub kompetensi mata pelajaran yang diharapkan sesuai dengan tingkat kompleksitasnya. Multimedia interaktif ceria sangat memberikan kesan positif pada siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan Penelitian Pengembangan (Research and Development) dari Borg and Gall dengan tiga tahap, (a) Studi pendahuluan dengan melakukan need assement dan studi pustaka, (b) Pengembangan produk awal,` validasi ahli, uji coba terbatas, dan (c) Pengujian dengan melakukan penelitian eksperimen dari produk hipotetik pada sampel 2 SD dengan kondisi kelas yang sebenarnya dalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang dikembangkan dikategorikan layak berdasarkan validasi ahli menurut ahli materi dengan persentase total 95% dengan kualifikasi sangat baik, ahli media dengan persentase total 88% dengan kualifikasi sangat baik, hasil uji coba terbatas dengan persentase total 100% kualifikasi sangat baik. Multimedia interaktif ceria ini telah teruji kevalidan dan keefektifannya pada pembelajaran di kelas, tergambar dari nilai pretest 67 dan dari posttest 87. Dari uji t dengan menggunakan prosedur paired samples t-test diperoleh nilai t signifikan <0.01 atau 1%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengembangan multimedia interaktif ceria (MIC) pembelajaran tematik di Sekolah Dasar sangat layak dan memiliki daya guna tinggi serta dapat diterapkan dalam pembelajaran tematik di kelas I SD. Disarankan seharusnya semua kelas I SD menggunakan media pembelajaran, yaitu multimedia interaktif ceria. Sehingga menghidupkan suasana kelas yang akan menciptakan penyampaikan materi lebih konkrit dan motivasi belajar siswa dapat meningkat serta dapat meningkatkan kreativitas siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 07 Apr 2016 01:48
Last Modified: 07 Apr 2016 01:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25169

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo