UMM Institutional Repository

ANALISIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL BUDAYA JAWA TENTANG PERAN PEREMPUAN JAWA PADA NOVEL CENTHINI KARYA SRI WINTALA ACHMAD

Al Hakim, Ahmad Rijal (2014) ANALISIS NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL BUDAYA JAWA TENTANG PERAN PEREMPUAN JAWA PADA NOVEL CENTHINI KARYA SRI WINTALA ACHMAD. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadrijal-35655-2-babi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ahmadrijal-35655-1-1pendah-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dari hasil analisis terhadap isi kandungan novel Centhini membahas tentang peranan perempuan Jawa dalam melakukan aktivitasnya di sektor domestik dan sektor publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran perempuan Jawa dan mendeskripsikan bentuk nilai-nilai kearifan lokal yang terdapat dalam novel. Penelitian ini membahas permasalahan tentangperanan perempuan Jawa di sektor domestik dan di sektor publik. Masalah yang ke dua membahas tentang bentuk nilai-nilai kearifan lokal budaya Jawadalam peranan perempuan dalam melakukan aktivitasnya di sektor domestik dan di sektor publik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran perempuan Jawa dan bentuk nilai-nilai kearifan lokal yang digambarkan oleh pengarang. Penelitian inimenggunakan metode analisis deskrptif kualitatif untuk dapat menemukan unsur-unsur yang tedapat dari rumusan masalah penelitian yang diangkat. Adapun sumber data dalam penelitian ini adalah naskah novel CenthinikaryaSri Wintala Achmad sebagai subjek serta sumber informasi data yang diperoleh. Pengumpulan data dalam penelitian iniadalah teknik pengamatan langsung terhadap naskah novel denganmengumpulkan data seperti membaca, mencatat, mengidentifikasi, mengelompokan data sesuai rumusan masalah, serta memberi kode pada setiap data dan memasukan data ke tabel instrumen. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran perempuan Jawa dalam peranannya di sektor domestik perempuan berperan sebagai ibu dan isteri yang melayani anak-anaknya sertamelayani suaminya. Peranan perempuan di sektor publik menunjuk bahwa perempuan berperan sebagai pemimpin dalam anggota masyarakat. Dengan hal ini maka dapat disimpulkan, bahwa peranan perempuan yang dilakukan di ranah domestik dan publik sifatnya bekerja atas rasa kebijaksaan yang dimiliki perempuan. Adapun rasa kebijaksaan itu terlihat ketika perempuan menjalani peranannya tanpa merasakan beban dan dapat menjalani dengan rasa tanggung jawab yang semestinya. Rasa kebijaksaan yang dimiliki perempuan dalam peranannya menunjuk pada bentuk nilai-nilai kearifan lokal yang dimiliki perempuan itu sendiri. Dengan hal ini maka, bentuk dari nilai-nilai kearifan lokal budaya Jawa terlihat ketika peranan perempuan di dalam rumahdan di luar rumah, perempuan dalam bertingkah laku dan bersikap menghormati terhadapsuaminya, bahkan kepada orang lain sekalipun, baik laki-laki, perempuan maupun anak kecil.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Indonesia Language and Literature Education (88201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 07 Apr 2016 01:42
Last Modified: 07 Apr 2016 01:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25165

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo