UMM Institutional Repository

PENYESUAIAN SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA RINGAN PADA MASA USIA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SDN INKLUSI MOJOREJO 01 BATU)

ALLAILY, NURLIA ANA’A (2014) PENYESUAIAN SOSIAL ANAK TUNAGRAHITA RINGAN PADA MASA USIA SEKOLAH (STUDI KASUS DI SDN INKLUSI MOJOREJO 01 BATU). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurliaanaa-37899-1-pendahul-n.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurliaanaa-37899-2-babi.pdf

Download (156kB) | Preview

Abstract

Penyesuaian sosial atau dengan kata lain penyesuaian diri dengan lingkungan merupakan salah satu sifat khas anak-anak pada masa usia sekolah. Masa usia sekolah yaitu anak pada usia 6 hingga 11-13 tahun yang biasanya duduk di sekolah dasar. Penyesuaian sosial bagi anak tunagrahita ringan bukanlah hal yang mudah dilakukan karena secara faktual mental (menjelaskan tentang anak tunagrahita ringan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penyesuaian sosial anak tunagrahita ringan pada masa usia sekolah di SDN Inklusi Mojorejo 01 Batu, (2) kondisi yang mendukung penyesuaian sosial anak tunagrahita ringan masa usia sekolah di lingkungan sekolah, (3) kondisi yang menghambat penyesuaian sosial anak tunagrahita ringan masa usia sekolah di lingkungan sekolah, (4) pelaksanaan pembelajaraan anak tunagrahita ringan terkait penyesuaian sosialnya di SDN Inklusi Mojorejo 01 Batu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sebagai sumber data, dipilih guru pendamping anak tunagarhita ringan dan anak tunagrahita ringan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus sampai September dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumenter. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Penyesuaian sosial anak tunagrahita ringan pada masa usia sekolah di lingkungan SDN Inklusi Mojorejo 01 Batu yang meliputi saling menghargai dan menerima hubungan interpersonal dengan guru dan teman sebaya, sikap menaati peraturan sekolah, dan sikap berpartisipasi aktif dalam kegiatan belajar mengajar menunjukkan masih belum tercapai dengan baik. (2) Kondisi pendukung penyesuaian sosial subjek antara lain pola perilaku yang dikembangakan guru terhadap subjek, motivasi yang diberikan guru untuk subjek, dan bantuan yang memadai kepada subjek serta kondisi fisik subjek, faktor lingkungan dan budaya subjek, faktor agama yang dianut subjek. (3) Kondisi pendukung penyesuaian sosial subjek antara lain pengalaman masa lalu subjek, faktor lingkungan, dan faktor perkembangan dan kematangan subjek. (4) Pembelajaraan anak tunagrahita ringan terkait penyesuaian sosialnya di SDN Inklusi Mojorejo 01 Batu dilaksanakan dengan menciptakan kelas yang menerima keanekaragaman dan menghadapi perbedaan dilakukan, menciptakan pembelajaran secara interaktif, dan menghapus segala hambatan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 07 Apr 2016 01:40
Last Modified: 07 Apr 2016 01:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25162

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo