UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FABEL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR

WULANDARI, SINTA (2014) PENGEMBANGAN MEDIA PAPAN FABEL DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK SISWA KELAS I SEKOLAH DASAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sintawulan-37902-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sintawulan-37902-2-babi.pdf

Download (174kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya ketersediaan media berbasis tematik untuk kelas I Sekolah Dasar. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan pada tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku diketahui bahwa dalam proses pembelajaran, guru sudah menggunakan media. Akan tetapi, guru belum pernah membuat dan mengembangkan media pembelajaran tematik. Media yang digunakan dalam pembelajaran tematik yaitu buku teks, papan tulis dan lingkungan sekitar. Media dua dimensi yang hanya berupa papan tulis dirasa belum efektif karena membuat siswa kurang aktif dan cepat bosan. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa media papan fabel dalam pembelajaran tematik pada tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku untuk siswa kelas I Sekolah Dasar. Media dikembangkan dengan model prosedural yaitu model yang bersifat deskriptif dengan menunjukkan langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan produk. Media pembelajaran yang telah dikembangkan divalidasi oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran tematik Sekolah Dasar serta diujicobakan pada siswa. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan penelitian, dapat disimpulkan bahwa pengembangan media papan fabel ini terbagi menjadi beberapa langkah pokok, yaitu studi pendahuluan dengan analisis kebutuhan untuk mengetahui potensi dan masalah yang ada pada proses pembelajaran. Selanjutnya melakukan pengembangan desain, validasi ahli serta uji coba kelompok kecil dan kelompok besar. Media papan fabel merupakan media tematik yang mengintegrasikan mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia dan SBDK. Media papan fabel membahas tentang konsep penjumlahan, pengurangan, keindahan alam, pengelompokan hewan berdasarkan tempat hidupnya serta kemampuan bercerita. Hasil uji pengembangan media papan fabel dalam pembelajaran tematik tema benda, hewan dan tanaman di sekitarku untuk siswa kelas I Sekolah Dasar memperoleh hasil yang sangat baik. Hal ini dijelaskan melalui penilaian pada tahap validasi ahli dengan presentase sebesar 95,4% oleh ahli media, 100% oleh ahli materi, dan 93,3% oleh ahli pembelajaran tematik Sekolah Dasar. Sedangkan untuk respon siswa mendapatkan presentase yang mencapai 88,7% pada uji coba kelompok kecil dan 97,9% pada uji coba kelompok besar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 07 Apr 2016 01:34
Last Modified: 07 Apr 2016 01:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25157

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo