UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI PROSES KOGNITIF OPERASIONAL KONKRET ANAK AUTIS DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN GEOMETRI

KUSUMAWARDANI, DESI (2014) IDENTIFIKASI PROSES KOGNITIF OPERASIONAL KONKRET ANAK AUTIS DALAM MENYELESAIKAN PERMASALAHAN GEOMETRI. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desikusuma-37906-1-pendahul-n.pdf

Download (433kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-desikusuma-37906-2-babi.pdf

Download (118kB) | Preview

Abstract

Anak autis adalah anak yang mengalami berbagai gangguan perkembangan yang sangat kompleks. Salah satu gangguan yang dialaminya adalah gangguan perkembangan pada kognitifnya. Anak autis lambat dalam berfikir dan kurang mampu dalam menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, siswa autis memerlukan pendampingan khusus dalam proses belajarnya. Sebagian besar, anak autis menyukai pelajaran yang berlogika dan bergambar, misalnya matematika. Hal ini menunjukkan bahwa guru harus memberikan latihan soal atau masalah matematika untuk mengasah kognitifnya. Melalui soal atau masalah tersebut anak autis mampu memunculkan proses kognitif operasional konkret berdasarkan proses asimilasi dan akomodasi dalam menyelesaikan masalah geometri kelas VI di SDN Jatimulyo I Malang. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses kognitif operasional konkret anak autis dalam menyelesaikan permasalahan geometri. Secara khusus bertujuan mendeskripsikan proses kognitif berdasarkan proses asimilasi dan akomodasi anak autis dalam menyelesaikan permasalahan geometri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti berperan sebagai instrumen kunci dalam penelitian sekaligus sebagai alat pengumpul data. Data yang diperoleh berasal dari teknik pengumpulan data yaitu wawancara, tes tulis, dan studi dokumen. Peneliti menggunakan empat teknik dalam analisis data yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak autis mampu memunculkan proses asimilasi dan akomodasi dalam menyelesaikan masalah geometri. Proses asimilasi muncul ketika AR menuliskan informasi/data awal yang terdapat dalam soal. Hal yang sama dilakukan ketika menunjukkan masalah yang akan dipecahkan. Sedangkan proses akomodasi muncul ketika AR menentukan strategi yang harus dipilih untuk menentukan penyelesaian soal yang diberikan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa anak autis dapat melakukan proses asimilasi dan akomodasi dalam menyelesaikan masalah geometri seperti layaknya anak normal yang mana proses kognitifnya tidak terganggu. Hal tersebut terjadi karena shadow AR selalu mengajarkan dan melatih AR menggunakan langkah-langkah tertentu dalam menyelesaikan masalah geometri.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 10:58
Last Modified: 06 Apr 2016 10:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25148

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo