UMM Institutional Repository

EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA KELAS IV SDN KAUMAN 1 MALANG

ANDADARI, ANGGA PERMADANI SURYA (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN TEMATIK DALAM PENCAPAIAN KOMPETENSI SISWA KELAS IV SDN KAUMAN 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggaperma-38173-1-pendahul-n.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-anggaperma-38173-2-babi.pdf

Download (223kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik menjadi model pembelajaran pada Kurikulum 2013, yang diterapkan mulai dari kelas I hingga kelas VI. Alhasil, guru belum mampu mengimplementasikan model pembelajaran dengan optimal, sehingga tujuan terciptanya pembelajaran yang aktif, autentik, menyenangkan, efektif, dan bermakna pun sulit terwujud. Pada Kelas IV A di SDN Kauman 1 Malang, pelaksanaan pembelajaran tematik mengalami kesenjangan dari tuntutan Kurikulum 2013, terutama pada penerapan pembelajaran tematik yang masih sulit dilakukan karena beberapa keterbatasan, di antaranya alokasi waktu yang tidak sesuai, komponen pembelajaran yang terbatas, dan sistem penilaian yang masih belum dipahami oleh guru. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas IV, (2) efektivitas pembelajaran tematik ditinjau dari kemampuan guru mengelola pembelajaran, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan metode kualitatif yang menggambarkan fenomena yang terjadi sebagaimana adanya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan meliputi mereduksi, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas IV A SDN Kauman 1 Malang sudah menerapkan kurikulum 2013, namun pada pelaksanaannya terdapat beberapa komponen pelaksanaan pembelajaran yang belum terpenuhi, di antaranya pelaksanaan pembelajaran tematik berdasarkan alokasi waktu yang ditentukan berdasarkan Kurikulum 2013 belum terpenuhi, pemanfaatan media dan sumber belajar terbatas pada buku guru dan buku siswa, serta bentuk penilaian yang dirasa guru masih kesulitan. (2) Efektivitas pembelajaran ditinjau dari kemampuan guru mengelola pembelajaran secara garis besar guru dapat mengelola pembelajaran dengan baik seperti pengelolaan kelas, penyampaian materi yang disesuaikan dengan konteks kehidupan nyata, penggunaan strategi, metode, dan model belajar yang bervariasi, menekankan pendekatan saintifik kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa, guru mampu menumbuhkan motivasi siswa untuk belajar. Pembelajaran sudah mengaktifkan siswa, melalui pendekatan ilmiah (scientific) yang dimulai dari kegiatan siswa mengamati, menanya, mencoba, menalar, mengolah, menyimpulkan, mempresentasikan, dan mengomunikasikan. Aktivitas emosional terlihat dari bagaimana siswa merespon pembelajaran dengan antusias, menunjukkan ketertarikan dengan pembelajaran, dan hasil belajar siswa berdasarkan proses dan hasil 80% menunjukkan perubahan perilaku positif seperti ketercapaian kompetensi dan ketuntasan belajar yang memenuhi KKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 10:54
Last Modified: 06 Apr 2016 10:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25146

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo