UMM Institutional Repository

PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SDN JATIBANJAR I PLOSO JOMBANG

ANGGRIAWAN, ARDY TRIA (2015) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA SISWA DI SDN JATIBANJAR I PLOSO JOMBANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ardytriaan-38178-1-pendahul-n.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ardytriaan-38178-2-babi.pdf

Download (26kB) | Preview

Abstract

Pengelolaan perpustakaan sekolah sebagai sarana penunjang kegiatan belajar mengajar disekolah. Guru, siswa dan warga masyarakat sekolah dapat memanfaatkan perpustakaan sebagai tempat membaca buku-buku bacaan. Berdasarkan hasil observasi awal, pengelolaan perpustakaan belum bisa berfungsi secara maksimal di dalam meningkatkan minat membaca siswa untuk menunjang terlaksananya proses belajar mengajar dengan baik. Penyelenggaraan perpustakaan kerap kali disampirkan sebagai tugas tambahan kepada seseorang guru atau beberapa guru tertentu, akibatnya, di satu sisi jika bisa terselenggarakan akan tidak maksimal (efektif). Pendekatan dan jenis penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Peneliti sebagai instrumen kunci dan menggunakan beberapa teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, serta studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan metode analisis interaktif. Keabsahan data diperiksa menggunakan teknik pemeriksaan yaitu menggunakan teknik derajat kepercayaan (credibility) untuk menjawab permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Pengelolaan perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa di SDN Jatibanjar I Ploso Jombang dilakukan kurang optimal seperti buku kepustakaan kurang ditata sebagaimana seharusnya. Namun secara pengorganisasiannya sudah bagus, dimana semua buku yang sudah masuk diperpustakaan telah dibubuhi stempel. (2) Kendala yang dihadapi pengelola perpustakaan sekolah dalam menumbuhkan minat baca siswa adalah kesibukan siswa mengikuti kegiatan belajar mengajar, kurangnya waktu yang dimiliki siswa untuk mengunjungi perpustakaan dan kurangnya koleksi buku cerita bergambar dan ensiklopedia. (3) Solusinya adalah dengan memberikan hadiah bagi siswa yang sering meminjam buku, penambahan koleksi bahan pustaka, pengadaan kegiatan jam wajib kunjung perpustakaan, memberikan kemudahan dalam mendapatkan berbagai bacaan yang menarik, memberikan kebebasan membaca kepada pengunjung perpustakaan, dan memberikan motivasi kepada siswa agar sering membaca.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 10:43
Last Modified: 06 Apr 2016 10:43
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25141

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo