UMM Institutional Repository

PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER INDIVIDU BAGI SISWA KELAS IV-B SD NEGERI PURWANTORO 1 MALANG

ISMU, IDEAKI MUHAMAD (2015) PENGARUH IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TEMATIK KURIKULUM 2013 TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER INDIVIDU BAGI SISWA KELAS IV-B SD NEGERI PURWANTORO 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ideakimuha-38185-1-pendahul-n.pdf

Download (450kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ideakimuha-38185-2-bab1.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Kurikulum 2013 akan lebih menekankan pada model pembelajaran tematik yang berbasis pada pendidikan karakter yang diharapkan dapat mengembangkan pembentukan karakter individu bagi siswa, serta untuk mengembangkan sikap, pengetahuan dan keterampilan secara seimbang. Mata pelajaran yang diberikan siswa berdasarkan tema yang terintegrasi agar siswa memiliki pengetahuan tentang lingkungan, kehidupan, dan pondasi pribadi tangguh dalam kehidupan sosial serta kreativitas yang lebih baik. Pembelajaran tematik merupakan sebuah pembelajaran yang “menyentuh” semua aspek kebutuhan anak. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran tematik terhadap pembentukan karakter individu siswa, dan pengaruh implementasi pembelajaran tematik terhadap pembentukan karakter individu siswa. Jenis penelitian deskriptif korelasional dipandang sesuai dengan penelitian ini karena bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang variabel yang diteliti dan bersifat korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV-B SD Negeri Purwantoro 1 Malang yang berjumlah 43 siswa, sehingga teknik penentuan jumlah sampelnya adalah metode sensus atau complete enumeration. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasikan pembelajaran tematik dalam pembentukan karakter melalui uji hipotesis,bahwa implementasi pembelajaran tematik secara parsial dan simultan berpengaruh dalam pembentukan karakter. Sehingga H0ditolak dan Ha diterimayang berarti bahwa Ha yang berbunyi “Ada pengaruh yang signifikan antara Implementasi Pembelajaran Tematik terhadap Pembentukan Karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 10:31
Last Modified: 06 Apr 2016 10:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25136

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo