UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGGUNAAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PENDEKATAN SCIENTIFIC DI KELAS IV SDN PURWANTORO I MALANG BERDASARKAN KURIKULUM 2013

AINI, AIDA NUR (2015) ANALISIS PENGGUNAAN METODE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PENDEKATAN SCIENTIFIC DI KELAS IV SDN PURWANTORO I MALANG BERDASARKAN KURIKULUM 2013. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aidanurain-38241-1-pendahul-n.pdf

Download (254kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-aidanurain-38241-2-babi.pdf

Download (134kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran pada kurikulum 2013 dianggap sebagai pembelajaran ilmiah yang berlandaskan pada pendekatan scientific. Implementasi pembelajaran tersebut, hendaknya mampu mengajak siswa untuk mengamati, menganalisis, hingga mengkomunikasikan materi pembelajaran. Metode merupakan hal utama yang harus diperhatikan oleh guru dalam implementasi tersebut. Salah satu metode yang bisa diimplementasikan untuk tujuan tersebut adalah metode dalam Cooperative Learning. Guru kelas IV SDN Purwantoro I Malang memilih metode TGT untuk diterapkan dalam KBM di dalam kelas. Implementasi metode TGT dilakukan setiap kali tatap muka dengan siswa selama guru mengajar menggunakan kurikulum 2013. Namun, penggunaan metode TGT secara terus-menerus belum pernah diteliti dan dianalisis sebelumnya oleh guru. Paparan di atas menegaskan bahwa penggunaan metode TGT yang dilakukan oleh guru kelas IV SDN Purwantoro I Malang perlu dianalisis. Observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dilakukan untuk memperoleh data penelitian ini. Pada observasi digunakan untuk mengetahui implementasi metode TGT di dalam kelas. Wawancara digunakan untuk memperoleh data secara langsung pada informan mengenai kesulitan dan kelebihan dalam mengimplementasikan metode TGT. Sedangkan studi dokumentasi dilakukan untuk mengetahui RPP dan silabus yang telah disusun oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode yang telah dilakukan oleh guru menunjukkan adanya perbedaan dengan teori yang dikemukaan oleh Slavin, perbedaan tersebut terlihat pada sintak metode TGT. Kelebihan dari metode TGT mampu memberikan motivasi kepada siswa untuk belajar terlebih dahulu sebelum dimulainya kegiatan belajar mengajar di kelas. Sedangkan, kelemahannya terlihat dari beberapa siswa yang tidak bertanggungjawab dan mengandalkan teman dalam kelompoknya. Maka, dapat disimpulkan bahwa metode TGT penting untuk diimplementasikan, namun lebih baik apabila divariasikan dengan metode lain yang mampu mengaktifkan semua siswa dalam kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 10:09
Last Modified: 06 Apr 2016 10:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25126

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo