UMM Institutional Repository

STRATEGI PARTAI POLITIK DALAM MEMPERLUAS DUKUNGAN MASSA (Studi Pada Partai Amanat Nasional Kota Palangkaraya)

HARTATIK, RIRIN (2014) STRATEGI PARTAI POLITIK DALAM MEMPERLUAS DUKUNGAN MASSA (Studi Pada Partai Amanat Nasional Kota Palangkaraya). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ririnharta-37866-1-pendahul-n.pdf

Download (345kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ririnharta-37866-2-babi.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Strategi partai politik dalam memperluas dukungan massa merupakan bagian dari proses pembenahan pasrtai secara keseluruhan (baik itu internal maupun eksternal partai) yang dipraktekan dalam partai politik. Strategi yang dilakukan oleh partai politik ialah sebenarnya untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan sebelumnya sesuai dengan visi dan misi partai dengan menggunakan taktik, cara maupun pelaksanaan tugas dengan memanfaatkan struktur partai, sehingga program kerja sesuai dengan keinginan masyarakat. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, melalui pendekatan personal kedalam partai. Subyek penelitian ditentukan berdasarkan kepengurusan yang terkait dengan penentuan strategi partai dan pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis menggunakan kualitatif agar data yang diperoleh dapat di diskripsikan. Dari hasil penelitian dan analisis data diketahui strategi partai politik dalam memperluas dukungan massa pada pengurus PAN kota palangka Raya menitik beratkan pada aktualisasi program pada masyarakat, memberikan pelayanan kepada masyarakat, dan pemberdayaan kader-kader partai ditiap-tiap kepengurusan. Hal ini bisa dilihat dari berbagai program-program yang sudah dilakukan PAN kota Palangkaraya, sehingga masyarakat merasa simpatik, percaya, dan tidak lagi merasa bahwa partai hanya obral janji semata. PAN kota Palangkaraya selalu berusaha membenahi partai dari internal partai maupun eksternal partai, sehingga partai bisa memberikan perubahan yang lebih baik lagi bagi ummat melalui program partai maupun melalui perebutan kekuasaan dalam pemilihan umum. Akan tetapi yang terpenting adalah bagaimana hal itu harus selalu benar-benar dilakukan oleh pengurus PAN kota Palangkaraya dengan selalu melakukan pengkaderan, agar tongkat estafet perjuangan tetap pada jalurnya. Kata kunci : Strategi, Partai Politik, Dukungan massa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:59
Last Modified: 06 Apr 2016 09:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25121

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo