UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KEBIJAKAN IZIN REKLAME KOTA MALANG

Rachman, Sri Yulianti A. (2014) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN IZIN REKLAME KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sriyuliant-37868-1-pendahul-n.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sriyuliant-37868-2-babi.pdf

Download (294kB) | Preview

Abstract

Dalam kenyataan di lapangan, disinyalir pemasangan reklame atau spanduk juga banyak yang menyalahi Peraturan Daerah Kota Malang 4/2006 tentang penyelenggaraan reklame. Dalam Perda tersebut pasal 21 ayat d, tidak boleh memasang reklame pada batang, ranting pohon, tiang listrik, atau tiang telepon. Tapi faktanya hampir semua spanduk yang dipasang melintang dipertigaan atau perempatan ditancapkan antar tiang telepon. Bahkan adapula yang dipasang antara tiang telepon dan pohon. Selain melanggar Peaturan Daerah Kota Malang sendiri juga melanggar perwali /22/2008 tentang tata cara perizinan, pemasangan, dan pencabutan izin reklame. Pada pasal 12 disebutkan jarak minimal antara reklame yang melintang diatas jalan minimal 450 meter. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori implementasi kebijakan yang terdapat tiga faktor utama yang sangat berpengaruh dalam menunjang efektivitas implemetasi suatu kebijakan, yaitu badan pelaksana, kelompok, sasaran dan lingkungan. Implementasi kebijakan sangat menekankan pada keefektifan dari tindakan yang ditempuh oleh pembuat kebijakan melalui berbagai agen pelaksanaan yang terlibat, apakah itu berupa badan atau organisasi non pemerintah / swasta dalam mentransformasikan tujuan kebijakan kedalam tindakan- tindakan rutin brokrasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif melalui pendekatan kualitatif, dengan adanya penelitian tersebut dapat memberikan pemahaman dan pengertian secara mendalam terhadap izin reklame di Kota Malang, dari pelaksanaan penelitian peneliti berhasil mengumpulkan data dan informasi yang akurat dari informan, sedangkan perspektif yang digunakan adalah baha data yang dikumpulkan di upayakan untuk di deskripsikan berdasarkan ungkapan bahasa, cara berpikir dan pandangan subjek penulis. Hasil penelitian menunjukan bahwa kebijakan izin reklame dilaksanakan tidak sesuai prosedur yang ada, kenyataan dilapangan menerangkan bahwa masih banyak reklame yang terpasang tidak sesuai dengan prosedur, Pelanggaran izin reklame biasanya terjadi di persimpangan-persimpangan kota Malang, salah satunya di perempatan jalan Soekarno Hatta dan jalan DI Panjaitan, ada reklame – reklame dan umbul – umbul yang terletak di depan rambu – rambu lalu lintas, hal tersebut melanggar Peraturan Daerah Kota Malang Nomor 4 Tahun 2006 pasal 8 yang tidak memperbolehkan adanya reklame di depan rambu- rambu lalu lintas . Kendala dalam implementasi kebijakan izin reklame adalah belum efektifnya teknis penempatan dan pemasangan reklame, belum tertatatnya dengan baik pola perijinan penyebaran dan peletakan izin reklame, hal ini dapat terlihat dari masalah banyak reklame incidental ( atribut- atribut kampanye dan baliho- baliho caleng perorangan ) yang menempel atau dipasang dilokasi-lokasi pendidikan dan fasilitas- fasilitas lainnya, Sumber daya manusia yang tidak kompeten Pelayanan yang berbelit-belit.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Government Sience (65201)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:53
Last Modified: 06 Apr 2016 09:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25117

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo