UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE PERMAINAN ILMU URAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA DIRIKU KELAS I SDN MOJOLANGU 2 MALANG

ASMARA, DWI VIRGO MULIA (2015) PENGGUNAAN METODE PERMAINAN ILMU URAI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK DENGAN TEMA DIRIKU KELAS I SDN MOJOLANGU 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwivirgomu-38249-1-pendahul-n.pdf

Download (372kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwivirgomu-38249-2-babi.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi di SDN Mojolangu 2 Malang diperoleh bahwa hasil belajar dalam pembelajaran tematik siswa kelas I pada tema diriku subtema tubuhku belum bisa memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Penyebabnya adalah sebagian besar siswa tidak memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru, selain itu siswa juga pasif saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan metode permainan ilmu urai untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik dan untuk mengetahui dan mendiskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode permainan ilmu urai pada pembelajaran tematik dengan tema diriku kelas 1 SDN Mojolangu 2 Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Dalam penelitian ini, peneliti bertindak sebagai observer yang melakukan observasi untuk mendapatkan data yang diinginkan. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Mojolangu 2 Malang pada tanggal 2 sampai 7 Oktober 2014. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas I semester ganjil SDN Mojolangu 2 Malang yang berjumlah 36 siswa. Data dalam penelitian ini meliputi data proses belajar mencakup keterlaksanaan pembelajaran menggunakan metode permainan ilmu urai dan data hasil belajar siswa. Hasil Penelitian menunjukkan, (1) penggunaan metode permainan ilmu urai pada pembelajaran tematik tema diriku membuat siswa merasa senang dengan belajar sambil bermain. Hal ini ditunujukkan dengan nilai hasil belajar siswa sebesar 83,3%. (2) Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran tematik siklus I menunjukkan 47,2% dan siklus II 83,3% . Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang mencapai KKM.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mr Ahzen Habidin Muslim
Date Deposited: 06 Apr 2016 09:46
Last Modified: 06 Apr 2016 09:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/25111

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo